28

4+ Kumpulan Umpan Ikan Toman Paling Jitu dan Ampuh

Umpan Ikan Toman

Umpan Ikan Toman – Ikan Toman adalah salah satu jenis ikan yang kebanyakan orang yang melihatnya untuk pertama kali pasti berpikiran bahwa ini adalah ikan gabus. Faktanya jenis dari ikan ini berbeda dengan ikan gabus namun hanya sama di nama familinya.

Ikan Toman merpakan jenis ikan buas yang berasal dari famili Channidae (gabus), jenis ikan ini menjadi jenis yang memiliki karakteristik tubuh paling besar diantara jenisnya yang lain.  Ikan Toman dikenal dari gizinya yang tinggi sehingga banyak dari pemancing yang berharap dapat memancingnya.

Bagi kalian yang juga ingin menangkapnya, hal yang pertama harus kalian ketahui ialah umpan apa yang sering dimakan oleh ikan toman ini. Selanjutnya kita perlu tau bagaimana cara meraciknya. Karna kadang bila kita memberikan umpan yang biasa saja kemungkinan besarnya adalah sulit untuk mendapatkan ikan toman tersebut.

Tapi tak perlu kalian harus bingung memikirkan apa saja umpan yang pantas untuk ikan toman ini. Saya sudah memencatat dan merangkum semua umpan yang disukai oleh ikan toman. Langsung saja kita mulai pembahasanya.

 

 

Umpan Ikan Toman Alami

Umpan Ikan Toman Alami

                                                                       Umpan Ikan Toman Alami/Sumber: i.ytimg.com

Biasanya makanan yang disukai oleh ikan jenis air tawar adalah makanan yang berasal dari bahan alami. Banya refrensi yang dapat kalian cari untuk memeilihi umpan alami apa untuk ikan ini. Namun saya rekomendasikan untuk memakai beberapa bahan umpan alami berikut ini:

 

Kadal

Bahan umpan alami ikan toman untuk yang pertama ialah kadal. Hewan yang memiliki karakteristik hampir sama seperti cicak dan dapat ditemukan disekitar rumah kita atau di dekat sungai dan di sekitar tempat yang lembap.

Cara menggunakan kadal menjadi umpan ialah ambil seekor kadal (kalau bisa yang masih hidup), selanjutnya gunakan 2 mata kali, mata kali pertama digunakan untuk mengait kepala kadal, lalu mata kail ya ke dua digunakan untuk mengait ekor kadal. Finally umpan kadal untuk ikan toman siap dipakai.

 

Anakan Lele

Umpan alami yang kedua ialah anakan ikan lele, tentu nantinya usahakan masih dalah keadaan hidup saat digunakan sebagai umpan. Cari anakan ikan lele yang memiliki ukuran kecil usahakan dengan diameter ½ jari. Lalu kaitkan ke mata kail.

Kenapa harus hidup? Tujuannya ialah sebagai daya tarik untuk memikat ikan toman supaya memakan anak lele yang sudah kita kaitkan dengan mata kail. Tambahan info untuk kalian yang mau pakai umpan ini, jangan lupa untuk selalu memakai float supaya kita tau pergerakan dari umpan kecil kita ini.

 

Daging Ayam

Umpan yang terakhir ialah daging ayam, siapa sih disini yang tidak suka dengan daging ayam…hahaha. Umpan daging ayam untuk ikan toman sangatlah jitu jika kalian gunakan umtuk memancingnya.

Nah untuk cara menggunakanya ialah siapkan dulu potongan dagian ayam bagian paha / dada. Pastikan kalau kulit dagingnya sudah habis tanpa sisa. Kemudian potong daging mejadi kotak-kotak dadu kecil. Akhirnya tinggal kaitkan ke kail pancing dan siap digunakan.

 

 

Umpan Ikan Toman Rawa

Umpan Ikan Toman Rawa

                                                Umpan Ikan Toman Rawa/Sumber: dianpanatau.files.wordpress.com

Jenis ikan toma yang satu ini banyak ditemukan di Pulau Kalimantan, karna disana spot rawa sangat luas. Masyarakat disanan menjadikan ikan toman ini menjadi salah satuk menu kuliner yang sangat enak. Bagi kalian yang ingin memancingnya saya rekomendasikan beberapa umpan jitu sebgai berikut:

 

Katak

Mungkin bagi masyarakat awam seperti saya pastinya tidak tahan kalau harus menangkap hewan satu ini. Tapi jangan salah hewan satu ini merupakan salah satu umpan jitu untuk dapat memancing ikan toman di rawa.

Cara menggunakannya ialah dengan mengambil seekor katak kecil lalu kaitkan punggung katak ke mata kail pancing. Hal ini bertujuan supaya katak dapat berenang dengan bebas. Jangan lupa untuk menambah float agar kita dapat mengetahui apakah umpan kita dimakan atau belum oleh ikan tersebut.

 

Cicak

Untuk umpan ini akhirnya direkomendasikan juga. Sebelumnya kan kadal yang jadi umpan, namun sekarang keluarga jauhnya juga yang saya rekomendasikan untuk menjadi umpan ikan toman. Cicak adalaah umpan ikan toman yang ampuh dan mudah untuk mencarinya.

Cara menggunakannya sama dengan kadal, yaitu mengaitkan punggungnya ke mata kail pancing, lalu gunakan sebagai umpan dan biarkan dia bergerak demi memikat si ikan toman biar si ikan toman datang dan menyambarnya.

 

Ikan Sepat

Sama halnya dengan anakan lele, ikan sepat juga sangat disukai oleh ikan toman. Jadi jika kalian ingin menggunakan ikan sepat usahakan ukuranya kecil dan masih hidup. Karna bila ukuranya besar takutnya ikan toman tidak bisa untuk melahapnya.

Caranya masih sama, dengan mangaitkan punggung ikan sepat ke mata kail pancing. Lalu lempar ke rawa dan biarkan ikan sepat bergerak dengan bebas.  Tujuanya juga sama hanya untuk menarik perhatian si ikan toman untuk datang dan menyambar umpan yang telah kita siapkan.

 

 

Umpan Ikan Toman Sungai

Umpan Ikan Toman Sungai

                                                                   Umpan Ikan Toman Sungai/Sumber : i.ytimg.com

Sungai merupakan habitat yang sebagian besar jenis ikan air tawar, termasuk juga ikan toman.Dari pengalaman saya sendiri bagi sungai yang dangkal akan susah bagi kita untuk menangkap satu ikan walaupun itu satu ekor. Beda dengan sungai yang dalam kita akan lebih agak mudah dalam memancingnya.

Kenapa di sungai perairan dalam agak susah? Sebab di perairan sungai hampir semua jenis ikan yang ada suka dengan umpan yang sama. Jadi apabila kita berharap memancing ikan toman bisa jadi bukan ikan toman yang kita dapat melainkan ikan jenis lain.

Namun saya tetap akan memberikan rekomendasi umpan yang cocok kalian gunakan saat ingin memancing ikan toman di sungai. Rekomdasi umpan ikan toman sebagai berikut :

 

Udang

Udang merupakan salah satu makanan yang disukai oleh beberapa ikan di laut, sungai, ataupun di perairan lainya, Termasuk Ikan Toman. Maka dari itu saya rekomendasikan udang sebagai umpan jitu untuk memancing Ikan Toman.

Jika di kita ingin memancing di sungai, maka udang sungai yang berwarna putih dan memiliki ukuran sedang – besar adalah yang kita butuhkan.  Cara menggunakanya ia lah dengan mengaitkan udang ke mata kail pancing. Selanjutnya umpan siap digunakan.

 

Cacing Tanah

Umpan satu ini mungkin umpan yang wajib kita pakai kalau ingin memancing. Semua jenis ikan sungai mana yang tidak ingin memakan umpan cacing tanah. Penggunaannya yang mudah dan mudah untuk dicari, menjadikan umpan cacing tanah sebagai umpan favorit bila memancing di sungai.

Untuk penggunaannya sangatlah mudah, tinggal kita ambil seekor cacing tanah lalu kaitkan ke mata kail. Jangan lupa untuk menyisakan bagian ekor untuk memikan si Ikan Toman.

 

Ikan Lais

Ikan lais merupakan jenis ikan yang hampir mirip dengan ikan wader. Bagi para pemancing pasti tidak asing dengan nama ikan satu ini. Tapi bagi para pemula mungkin asing yaa… Tapi ikan ini judag merupakan umpan jitu yang paling ampuh jika ingin memancing Ikan Toman di sungai.

Caranya tetap sama dengan umpan ikan yang sebelumnya. Tinggal kaitkan punggung ikan ke mata kail pancing dan biar dia bergerak dengan bebas. Jangan lupa untuk memasang float agar kita tau pergerakan umpan kita.

 

 

Umpan Ikan Toman Paling Jitu

Umpan Jitu Ikan Toman

                                                              Umpan Jitu Ikan Toman/Sumber: 4.bp.blogspot.com

Dari rekomendasi diatas, ada juga beberapa umpan yang Ikan Toman ynag paling jitu. Itupun sudah dibuktikan oleh beberapa pemancing, Mereka menggunakan umpan-umpan yang dapat menangkap Ikan toman yang besarnya Hampir sebesar badan seorang laki-laki dewasa.

Berikut adalah umpan-umpan paling jitu :

 

Ulat

Ulat merupakan salah satu hewan yang saya rekomendasikan untuk menjadi umpan si Ikan Toman. Berbagai jenis dari ulat bisa digunakan sebagai umpan. Untuk penggunaanya sama dengan cacing, dengan mengaitkannya ke mata kail dan sisakan bagian ekor, lalu umpan siap digunakan.

 

Belut

Beda dengan ulat dan cacing, belut memiliki lebih besar dibanding kedua hewan tersebut. Lalu bagaimana menggunakan belut sebagai umpan?

Caranya ialah dengan membelah badan belut dari kepala sampai ekor. Lalu keluarkan darah dari potongan-potongan tubuh belut tadi ke satu wadah. Bila sudah potongan tubuh belut tadi dipotong lagi sampai kecil dan celupakn lagi ke wadah yang berisi darah belut. Finally umpan belut siap digunakan.

 

Kroto

Umpan jitu berikutnya ialah umpan yang juga berasal dari alam, yaitu kroto. Kroto merupakan telur semut rangrang. Telur ini memiliki ciri – ciri bertekstur lembut dan berwarna putih. Cara menggunakanya hanya tinggal mengaitkan beberapa telur ke mata kail pancing dan siap dipakai.

 

Jangkrik

Salah satu hewan yang tentunya sangat terkenal dengan kebisingannya saat di malam hari. Serangga jenis ini juga sangat sering digunakan oleh para pemancing, karna bagi ikan air tawar jangkrik merupakan salah satu umpan yang sangat disukai.

Cara memakai umpan ini ialah, ambil seekor jangkrik lalu potong kedua kakinya. Lalu kaitkan tubuh jangkrik ke mata kail pancing. Umpan siap digunakan.

Umpan Tiruan atau Casting Toman Paling Ampuh

Umpan Casting Ikan Toman

                                                    Umpan Casting Ikan Toman/Sumber: 1.bp.blogspot.com

Casting atau umpa tiruan adalah umpan yang dibuat oleh manusia dengan bahan utama palstik, kayu, dan sejenisnya. Temen-temen bisa menggunakan umapan casting ini untuk memancing ikan Toman.

Cara menggunakanya cuman hanya mengikat casting dengan kail pancing. Lalu tinggal menggukanya saja. Sesimple itu kok… Bagi ikan casting ini selayaknya ikan hidup jadi saat di dalam air casting akan bergerak-gerak layknya ikan pada umumnya. Hal ini demi mengelabui ikan yang akan kita pancing nanti.

Berikut adalah beberapa casting yang dapat saya rekomendasikan:

  1. Soft Froggy
  2. Jump Frog
  3. Popper
  4. Buzz Bait

Penggunaan umpan casting ini bisa dibilang termasuk ampuh untuk dijadikan umpan. Khusunya untuk perairan yang tenang dan banyak ikan terlihat di permukaan, serta ikan – ikan yang berenang di dalam air jernih.

 

Demikian beberapa informasi yang dapat saya sampaikan ke temen-temen. Jangan lupa untuk selalu menunggu postingan kami di scidacreview.com