20

Langkah Mancing Dan Umpan Ikan Sidat Paling Baik

Umpan Ikan Sidat – Tahukah anda apakah itu ikan sidat? Tentu saja tidak asing kan? Ikan yang memiliki bentuk seperti belut ini sebagai tipe ikan air tawar yang hidup di sungai, danau, rawa, sawah dan kadang diketemukan di aliran irigasi.

Di tiap wilayah ikan sidat memiliki panggilan yang berlainan, misalkan Pelus, moa, oleng, lumbon, uling, gatheng, ikan lubang dan ada banyak panggilan yang lain.

Langkah mancing ikan sidat sebetulnya tidak berbeda jauh dengan tipe ikan yang lain. Namun ikan sidat memiliki jam makan tertentu (keluar lubang / sarang di saat tertentu).

Disamping itu dibutuhkan tehnik dan trick khusus saat memancing sidat. Hal tersebut karena ikan sidat memiliki sifat nokturnal (aktif pada malam hari) dan rutinitas makan yang lain.

Meskipun begitu tidak tutup peluang ikan sidat makan di siang hari. Sidat masih tetap bisa dipancing di siang hari, Asal kita mengetahui rutinitas dan langkah mancingnya.

Misalkan, mendapati sarang sidat tinggal, umpan ikan sidat yang baik, disamping itu perlengkapan memancing harus juga disiapkan.

Bagaimana? Sudahkan ada deskripsi mengenai langkah mancing sidat?

Tenang Sob!! Pada artikel berikut ini  mau mencoba menerangkan lebih detil mengenai umpan sidat dan tehnik mancingnya.

Karena itu seharusnya baca sampai akhir artikel ya!! Supaya tidak ada poin – poin yang terlewati.

Sebagai tambahan, sesaat akan memancing tidak ada kelirunya membaca doa mancing ikan lebih dulu. Supaya dilancarkan masalahnya oleh Si Pembuat. Perlengkapan yang Diperlukan dalam Memancing Sidat Di Sungai / Danau

 

1.Reel

Bagaimana Langkah Pilih Reel untuk Memancing Sidat?

Peranan reel saat memancing sidat benar-benar sangat penting (direferensikan gunakan reel). Tetapi kadang beberapa pemicu dapat sukses strike tanpa memakai reel. Tetapi harus diingat, kita tidak paham berapa besar ikan sidat yang hendak menyikat.

Entahlah itu anakan atau babon yang berbobot beberapa puluh kg, ingat sidat sanggup tumbuh sampai ukuran 2 mtr. lebih. Lalu berapakah ukuran reel yang pas untuk mancing sidat?

Sesudah menimbang ukuran sidat yang bisa tumbuh sampai beberapa puluh kg. Mimin mereferensikan reel ukuran minimum 1000 – 3000. Tetapi jika ikan sidat pada spot itu termasuk sangat besar, anda bisa memakai size yang semakin besar.

 

2.Joran

Bagaimana Langkah Pilih Joran untuk Memancing Sidat?

Joran tipe apa yang lebih pas dipakai untuk mancing sidat?

Pemicu sidat professional umumnya memakai joran dengan bahan dasar Fiber. Ini ditujukan supaya lebih peka saat menghentakan joran saat strike.

Namun anda dapat memakai joran dengan bahan dasar Carbon. Dari karakternya, joran carbon benar-benar lentur dan kuat hingga saat strike semakin terasa tarikannya.Adapun ukuran joran yang bisa dipakai yakni di antara 140 sampai 180 cm.

 

3.Senar

senar pancing

Senar tipe apa yang pas untuk mancing ikan sidat?

Berapakah ukuran senar untuk mancing sidat?

Senar atau kenur benar-benar sangat penting perannya. Perangkat berikut yang kerap jadi masalah saat memancing, entahlah itu putus, terbelit atau karena hal-hal lain. Sebetulnya tidak ada perbedaannya dengan senar untuk mancing ikan yang lain. Yang terang kenur itu harus memiliki kemampuan yang cukup.

Sekarang ini tehnologi senar sangat bagus, kenyataannya kenur sama ukuran tipis (size kecil) berkekuatan yang lumayan besar.

Ingat ukuran dan kemampuan sidat yang lumayan besar, seharusnya pakai senar minimum 0.30 / 8 lbs (4 kg). Dan tidak ada kelirunya jika anda memakai senar dengan size yang semakin besar.

 

4.Mata Kail

Satu kembali perangkat mancing sidat yang penting. Sama seperti yang kita mengetahui sidat memiliki mulut yang besar dan rahang yang kuat. Karena itu diperlukan kail sama ukuran lumayan besar dan punyai kemampuan yang sepadan. Lalu berapakah ukuran kail untuk mancing sidat?

Ukuran kail sebetulnya relatif, pasalnya kita tidak paham berapa besar sidat yang hendak menyikat. Tetapi minimal anda memakai mata kail sama ukuran no. 5 sampai no. 10. Tentu saja disamakan dengan spot favorite kalian ya!.

 

5.Timbel (pemberat) dan Swivel

Apakah itu swivel?

Swivel sebagai perangkat yang dipakai untuk mempermudah penempatan senar ke mata kail. Disamping itu swivel berperan sebagai pengimbang kail saat berputar-putar, entahlah itu saat disikat ikan atau terserang arus air. Untuk ukuran swivel bisa disamakan sama ukuran mata kail. Untuk timbel (pemberat) tentu kalian sudah mengetahui kan?

Yup, timbel sebagai alat yang dipakai sebagai pemberat, ingat memancing sidat lebih pas memakai tehnik glosor (tanpa pelampung). Terus berapakah ukuran timbel yang perlu kita pakai?

Untuk ukuran timbel sich bisa anda samakan sendiri, tentu saja harus juga di pikirkan dengan arus air dan ukuran umpan.

6.Alat Simpatisan Saat Mancing Sidat

Karena mancing sidat lebih baik saat malam hari. Maka, kebalikannya pakai perlengkapan pendukung, seperti Sepatu boat, Senter, Kain Lap dan Air mineral.

Senter digunakan sebagai pencahayaan ke arah lokasi memancing, untuk sepatu boat digunakan sebagai perlindungan kaki dari hewan melata (ular dan lain lain). Dan kain lap akan menolong anda saat menggenggam ikan sidat supaya tidak licin (ini sich kalau dapat, heee).

Umpan Tepat Mancing Ikan Sidat Paling Galak. Tanpa umpan ikan sidat, acara memancing pasti percuma kan?

Memang peran umpan sangat penting, tanpa umpan yang cocok dan baik pasti hasilnya tidak memberikan kepuasan. Apa umpan ikan sidat saat malam hari?

Apa juga umpan ikan sidat di siang hari?

Karena sidat sebagai tipe hewan karnivora (pemakan daginh) . Maka seharusnya pakai umpan berbentuk hewan kecil atau serangga kecil.

Adapun Umpan Mancing Sidat yang bisa anda pakai, baik itu siang hari atau malam hari.

  1. Anakan kodok / precil
  2. Cacing unthel / kruwel
  3. Uret kelapa / gendon
  4. Burung emprit
  5. Cumi fresh
  6. Belut
  7. Ikan-ikan kecil

Baca juga:umpan ikan sungai

Umpan ikan sidat berbentuk cacing, uret kelapa dan anakan kodok lebih pas dipakai pada rawa atau sungai kecil. Dan cumi, belut, ikan-ikan kecil bisa anda pakai pada sungai sungai besar yang memiliki kedalaman lebih dari 1.5 mtr.

Paling akhir yakni burung emprit, sadis kan? burun kok buat umpan, Sidat sebagai predator yang galak dan rakus, di alam liar sidat babon biasanya  memakan hewan-hewan kecil sampai burung kecil sekalinya.

Mulutnya yang besar dan ukuran yang bisa capai 20 kg dan bisa dikatakan sebagai Ikan Sidat Paling besar / Raksasa . Maka tidak khayal jika ikan ini menyantap burung emprit sekalinya.

Lain juga di malam hari, di siang hari sidat lebih aktif di dalam lubang, jadi seharusnya pakai umpan yang bau tajam supaya lebih baik.

Langkah Mancing Sidat Pada Malam Hari

Malam hari sebagai waktu terbaik untuk memancing ikan sidat. Hal tersebut karena sidat sebagai hewan nokturnal yang yang aktif saat malam hari.

Yang telah terbiasa mancing sidat kemungkinan tidak ada masalah. Tetapi berlainan sama kita yang pemula pasti berasa kebingungan. Entahlah itu pilih lokasi mancing / spot, umpan yang tepat.

Berikut ini beberapa Panduan dan Langkah Memancing Sidat pada Malam Hari :

1.Langkah awal, Tentukan Spot arah yang Prospektif

Pilih spot mancing yang betul sangat penting, coba pikirkan kita memancing di lokasi yang tidak ada satu juga sidat.  Pasti hal itu akan sia sia kan? Karena itu dibutuhkan keterampilan khusus untuk ketahui spot sidat yang prospektif. Berikut Beberapa ciri Sungai yang Banyak Sidat :

  1. Sungai atau Rawa dengan kedalaman 1.5 mtr. atau lebih.
  2. Arus air cukup deras
  3. Terdapat beberapa hewan atau serangga kecil yang hidup di sekitar spot (tempat mancing). Misalkan kodok, nyamuk dan serangga air yang lain.
  4. Pilih spot berbentuk batu-batuan padas (batu putih) yang berlubang.
  5. Pilih spot pada kelokan sungai, arus air pada kelokan sungai umumnya akan membuat cengkungan yang cukup dalam (wilayah semacam ini benar-benar dicintai sidat).
  6. Dibawah atau sekitar bendungan tua.
  7. Rawa-rawa pada muara sungai yang dalam.

2.Tentukan Waktu Terbaik Mancing Sidat

Karena sidat sebagai ikan nocturnal atau aktif cari makan saat malam hari . Maka waktu terbaik untuk memancing sidat yakni saat malam hari.

Ikan sidat akan keluar sarang saat matahari mulai terbenam (sekitaran jam 5 sore) dan umumnya sidat semakin lebih galak pada larut malam sampai subuh mendekati.

3.Masih tetap Tenang dan Tidak boleh Bising!!

Di saat memancing upayakan anda tidak bising (masih tetap sunyi). Sidat benar-benar sensitif dengan suara bising, walau cuman suara ranting terijak / tajuh.

Apa lagi anda berteriak atau menyanyi keras, bisa ditegaskan sidat akan kabur terbirit birit.

4.Pakai Umpan Bom untuk Kumpulkan Sidat

Supaya sidat bisa bergabung atau merapat, kalian dapat memakai darah, atau keong sawah atau apa saja yang bau amis.

Sesaat selanjutnya sidat akan bergabung di lapak kalian. Hal yang perlu anda kerjakan hanya menanti sampai umpan disikat.

5.Pakai Umpan Sama sesuai Spot atau Lokasi Memancing

Berapa penting peran umpan?

Sudah pasti penting sob, sama seperti yang telah mimin terangkan di atas. Salah pilih umpan tentu hasilnya tidak memberikan kepuasan.

Misalkan kita memancing sidat di sungai yang besar, umpan tipe apa yang perlu kita pakai?

Karena spot ada di sungai yang lumayan besar dan dalam karena itu seharusnya pakai umpan yang bau amis lebih tajam atau umpan semakin besar. Misalkan cumi, belut atau burung kecil. Begitupun anda saat memancing ikan sidat di sungai kecil, sawah, atau rawa rawa anda bisa menggunakan umpan berbentuk cacing, ulat daun atau anakan kodok.

 

6.Kuasai Tehnik Memancing Sidat

Memancing sebetulnya bisa disebutkan peruntungan. Mengapa begitu?

Selainnya kita harus kuasai langkah memancing yang betul, factor peruntungan ikut juga berperanan akan hasil tangkapan.

Tetapi tehnik memancing sidat cukup penting loh!!

Misalkan, saat melemparkan umpan ataupun waktu strike / umpan disikat. Saat sidat terlilit kail, tentunya sidat akan usaha untuk melepas diri.

Karena itu upayakan senar janganlah sampai terbelit sidat, hal itu akan memudahkan lolos dari kail. Terus gulung kenur supaya tidak lembek, tetapi janganlah sampai sama-sama ambil yang bisa mengakibatkan senar putus.

Langkah Memancing Sidat Pada Siang Hari yang Betul

 

Sebetulnya sidat lebih aktif cari makan saat malam hari. Dan di siang hari sidat lebih sukai diam diri dalam lubang / sarang.

Meski begitu, rupanya sidat masih tetap bisa dipancing di siang hari loh!!

Asal, kita mengetahui sarang atau lubang persembunyian sidat itu. Lantas apa ciri-ciri – ciri-ciri lubang / sarang sidat?

Ciri-ciri – ciri-ciri Sarang Ikan Sidat yang dihuni :

  1. Tidak ada kotoran (bersih) pada lubang itu
  2. Air yang mengucur didekat lubang tidak normal, maknanya saluran air tidak teratur (naik turun)
  3. Bentuk sarang tidak rata / rapi
  4. Terdapat serangga atau hewan air kecil di sekitar sarang
  5. Tercium bau bangkai di sekitar lubang (bau itu datang dari sisa makanan ikan sidat) dan bisanya penghuninya sidat ukuran jumbo / babon.

Sesudah mengendusi kehadiran lubang sidat, baru anda mulai dapat memancing di sekitar sarang itu. Lantas nantikan sampai umpan disikat. Rupanya pada kondisi tertentu (walau siang hari) sidat keluar lubang loh!!

Misalnya di saat banjir yang mengakibatkan air melimpah dan warna coklat kotor, saat itu ikans sidat keluar sarang. Itu beberapa panduan memancing ikan sidat yang dibarengi umpan paling baik.