1

Rekomendasi Umpan Ikan Putihan Di Sungai Dan Tips Jitu Mancing Ikan Sungai

Rekomendasi Umpan Ikan Putihan Di Sungai Dan Tips Jitu Mancing Ikan Sungai

Umpan Ikan Putihan Di Sungai– Bagi yang hobi memancing tentu sudah tidak asing dengan jenis ikan putihan yang terletak di sungai tentu hal tersebut membuat kalian tertarik untuk memancingnya lagi dan lagi

Terdapat bermacam macam jenis ikan- ikan yang hidup di sungai. mulai dari ikan cere, betik, dan ikan lain yang hidup disungai. Ikan putihan juga sedikit menjadi incaran para pemancing.Untuk memperoleh ikan putihan pasti diperlukan umpan yang ampuh serta jitu untuk mendapatkan nya. Kalian bisa menciptakan umpan natural dengan mudah disekitar kalian. Salah satu umpan yang selalu digunakan untuk memancing ikan putihan yaitu cacing tanah, seperti yang kita ketahui bahwa cacing tanah terkenal di kalangan para pemancing sebagai umpan yang cukup jitu.

Umpan Ikan Putihan Di Sungai Paling Jitu

 

Untuk kalian yang ingin memancing ikan putihan tetapi masih bingung umpan apa saja yang bisa digunakan untuk memancing ikan tersebut. Tidak perlu khawatir dan bingung karena disini kami akan membagikan infromasi lengkap mengenai umpan ikan putihan di sungai yang sangat ampuh dan jitu. Berikut ini pembahasan lengkapnya. Umpan Ikan Putihan Di Sungai

 

  1. Cacing

Cacing

Cacing
Sumber: asset.kompas.com

Umpan ikan putihan yang bisa kalian gunakan pada saat ingin memancing ikan putihan yang terdapat di sungai cukup mudah ditemui ialah cacing tanah. Tidak hanya menggunakan cacing tanah, kalian juga dapat menggunakan cacing lainnya. Teknik menggunakan nya cukup mudah hanya tinggal potong kecil- kecil saja sesuai kail pancing yang ingin kalian gunakan.

 

  1. Lumut

Lumut dapat digunakan untuk memancing ikan putihan. Gunakan lumut sawah yang berwarna hijau muda atau hijau tua, sehingga secara otomatis umpan kalian cepat di samber oleh ikan- ikan di sungai. Dan jangan lupa untuk di kaitkan ke kail yang sesuai dengan ukurannya.

 

  1. Ulat Belimbing

Ulat belimbing

Siapa yang tidak mengetahui buah belimbing, buah satu ini mempunyai warna kuning yang fresh apabila sudah masak. Biasanya, ada ulat yang melekat di buah belimbing. Nah, ulat inilah yang bisa anda pakai sebagai umpan ikan putihan,memancing yang cukup ampuh.

 

  1. Laron

umpan ikan nilem di air jernih

kalian semua tentu sudah mengetahui apa itu Laron? hewan ini memang biasanya mudah ditemui saat musim hujan dimana udara yang lembap. Untuk menggunakan laron selaku umpan, kalian butuh melepas sayapnya setelah itu kaitkan laron ke mata pancing baru setelah itu di pakai untuk memancing ikan putihan

 

  1. Belalang

Belalang merupakan salah satu serangga yang lumayan terkenal di golongan para pemancing. Pastinya belalang dapat digunakan untuk memancing. Oleh sebab itu, carilah belalang di dekat rumput yang fresh maupun di sawah. Setelah itu ambil serta kaitkan belalang kemudian pakai selaku umpan.

 

  1. Belatung

Apabila kalian mendengar kata belatung, pasti hal pertama yang terlintas adalah menjijikan. Akan tetapi, siapa sangka bila belatung cukup ampuh jika digunakan untuk umpan, terutama untuk ikan- ikan yang terdapat di sungai. Jadi meskipun kelihatan menjijikan belatung juga mempunyai manfaat yang menguntungkan loh.

 

  1. Pelet Ikan

umpan ikan nila pelet p1000

Seperti yang kita ketahui, pelet ikan sangat mudah ditemui di pasaran. Untuk memancing ikan putihan, cobalah untuk menggunakan pelet ikan. Diusahakan pilih pelet ikan dengan ukuran yang sedang ataupun yang besar, jangan ukuran yang kecil karena jika terlalu kecil nanti susah di kaitkan ke kail pancing.

 

  1. Roti Tawar

Roti Tawar

Roti Tawar

Untuk menggunakan umpan ikan putihan dari makanan kita sehari hari yaitu roti tawar, anda perlu merendamnya dengan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar roti tawar mudah di bentuk dan di cubit kecil- kecil untuk dijadikan umpan. Dan jangan lupa juga pada saat kalian menggunakan roti tawar jangan sampai terlalu lembek pada saat merendamnya

.

 

  1. Mie Instan

Umpan Ikan Mie Instan

Sama seperti menggunakan umpan ikan putihan dari roti tawar. Bila kalian ingin menggunakan mie instan sebagai umpan yang ampuh, langkah pertama  rendam dengan air maupun rebus mie instan hingga matang. Setelah itu bulatkan kecil- kecil atau di potong sesui ukuran kail pancing milik kalian.

 

  1. Kroto

umpan ikan nila danau kroto

Tidak hanya dapat digunakan sebagai umpan ikan putihan, kroto juga bisa di gunakan untuk umpan ikan patin. Bahkan sebagian pemancing banyak yang menggunakan kroto untuk memancing ikan- ikan di sungai. Kroto juga banyak disukai oleh ikan, jika kita menggunakan umpan ini, ikan dapat segera menyambarnya.

 

  1. Tahu

Tahu mempunyai tekstur yang lembut serta mudah digunakan. Apabila kalian ingin menggunakan tahu sebagai umpan, tidak perlu repot menggabungkan ataupun menambahkan apapun. Cukup potong kecil- kecil serta sesuaikan dengan ukuran kail. Tetapi, jika kalian tidak mau ribet cukup cubit sedikit tahu lalu kaitkan ke kail pancing.

 

  1. Biskuit Klik

Biskuit Klik juga sangat terkenal di golongan para pemancing. Biskuit klik juga sering digunakan untuk bahan campuran membuat umpan ikan sejenis ikan Patin, ikan Mas, ikan Tombro, ikan Belanak dan ikan lainnya. Cara memakai nya cukup mudah hanya rendam dengan air hingga lembek lalu bisa digunakan untuk umpan memancing.

 

  1. Tempe

Seperti yang kita ketahui bersama, tempe memanglah nikmat dan sedap, yang terbuat dari olahan kedelai. Tidak hanya memiliki rasa yang lezatdan enak, taukah anda kalau tempe bisa dijadikan untuk umpan ikan putihan yang ada di sungai. Hal tersebut disebabkan karena bau kedelai yang dapat membuat ikan cepat menyambar umpan.

 

  1. Jangkrik

Jangkrik terkenal dengan suaranya yang sangat nyaring serta biasa terdengar pada sore hari maupun malam hari. Jangkrik cukup ampuh untuk digunakan sebagai umpan ikan sungai seperti wader contohnya, sebab kebanyakan ikan di sungai menyukai serangga.

 

15 Umpan Racikan

Nah, untuk umpan racikan sendiri yang kalian buat, anda membutuhkan sebagian bahan seperti gula merah, vanili, pelet kinoy, kuning telur, dan tepung roti halus. Cara membuatnya mudah, pertama-tama seduh gula merah serta vanili. Setelah itu tambahkan tepung roti secukupnya menggunakan air hangat kemudian aduk-aduk hingga berubah menjadi adonan yang kalis atau kenyal. Yang terakhir tambahkan pelet ikan jenis kinoy dan adonan siap digunakan

 

 

 

Tips Jitu Memancing Ikan Sungai

Memancing ikan di sungai menjadi piknik murah yang dapat dicoba untuk menghapus kebosanan terletak di rumah dikala pandemi COVID- 19.

 

Bagi pemancing pemula, persoalan awal umumnya merupakan umpannya apa? Lokasinya dimana? Gunakan pancing tipe apa?

 

Memanglah, gaya hidup ikan di sungai berbeda dengan ikan di kolam. Pemancing wajib pandai- pandai memilah umpan mancing. Tercantum memilah tempat serta perlengkapan pancing

 

Supaya tidak kecewa, berikut sebagian panduan memancing di sungai sehingga dapat kembali dengan bawa ikan.

 

  1. Memastikan sasaran ikan

 

Memastikan ikan apa yang hendak dipancing lumayan berarti. Karena ikan memiliki selera sendiri- sendiri. Bawa umpan mancing yaitu cacing, jangkrik ataupun ikan kecil, sesuai untuk memancing lele ataupun ikan gabus.

Untuk memancing nila, pada masa penghujan, bila aliran air sungai tidak begitu deras serta bisa ditemui pinggiran sungai yang airnya agak tenang, hingga umpan lumut asli serta pelet udang lumut dapat dipakai. Di masa kemarau, umpan lumut kurang efisien. Lebih efisien memakai pelet.Untuk ikan tawes, sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan ikan nila. Ikan tawes ini memiliki sifat yang suka bergerombol, serta suka dengan lumut dan pelet tengiri belut.

Ikan lele ialah ikan yang suka pelet amis serta predator, sehingga pemakaian pelet amis sangat pas untuk memancing ikan lele di sungai. Umpan lain yang baik digunakan untuk memancing ikan lele ini merupakan cacing merah. Metode memancing hendaknya dicoba dengan meletakkan umpan di bawah sungai, karena ikan lele ini gemar mendekam di bawah sungai.

 

  1. Memastikan lokasi

Arus yang deras, sedikit tenang maupun bagian yang dalam juga yang kurang dalam, ialah keadaan sungai tempat mancing. Di tiap tempat memiliki penghuninya sendiri- sendiri.

Di arus deras dapat menciptakan ikan hampala ataupun ikan predator yang lain. Tiap predator tentu terdapat yang dimangsa. Hingga di arus yang deras, dapat memancing dengan umpan bergerak, jangkrik ataupun ikan kecil.

Sebaliknya di air yang cenderung diam ataupun berarus tenang, ialah tempat ikan gabus, lele serta semacamnya.

Ikan tawes lebih suka dengan air yang arus airnya agak deras, tetapi juga tidak sangat deras.

Cara lain untuk mencari ikan tawes yaitu dengan cara melihat adanya tumbuhan tepi sungai yang batang ataupun daunnya masuk ke air. Di spot ini, airnya lebih beriak serta biasanya tersangkut sampah sungai yang banyak memiliki santapan. Di sini disukai ikan tawes.

Untuk ikan nila, biasanya suka di posisi yang airnya lebih tenang serta banyak ada tanaman air maupun tanaman darat yang masuk ke air. Posisi ini sangat digemari ikan nila.

Ikan nila pula suka dengan posisi yang airnya agak memusar dengan gerakan lelet. Panduan berarti dalam memilah posisi ikan nila di sungai merupakan ikan nila suka dengan posisi di tepian sungai, tidak di tengah.

Metode memastikan posisi memancing ikan lele merupakan: seleksi posisi yang airnya agak tenang, biasanya di pinggiran sungai. Kemudian cari zona yang berlumpur, jangan cari zona yang berbatu.

Untuk ikan sogo, biasanya suka dengan air yang agak deras arus airnya serta condong di tengah sungai.

Untuk ikan patin biasanya suka dengan posisi sungai yang dalam. Bagian spot sungai yang dalam biasanya banyak ada ikan jambal yang berukuran besar- besar. Ikan jambal suka berlindung sehingga ikan jambal hendak gampang didapat di sungai yang banyak tanamannya. Ikan jambal mempunyai watak pemangsa, sehingga ikan jambal pula gampang ditemukan di sungai yang banyak ikan kecilnya.

 

  1. Mata kail serta joran pancing

Sehabis tipe ikan serta posisi, dan kita memastikan umpan mancing, berikutnya memilah joran pancing serta mata kail yang cocok.

Perlengkapan yang cocok walaupun simpel tetapi pas, hendak lebih berguna daripada yang mahal tetapi tidak pas.

Misalnya untuk ikan tawes di sungai kecil, hendaknya memakai joran tegek( pole) yang lentur plus pelampung. Joran antena kaku tidak pas digunakan, karena hendak menciptakan hentakan kokoh. Sehingga mulut ikan gampang robek serta ikan gampang lepas.

Senar pancing yang sesuai merupakan yang sangat tipis serta lembut. Misalnya Orca Hoshino 50 meter dengan dimensi 0, 10 milimeter– 0, 16 milimeter. Mata kail hendaknya membiasakan bergantung besar kecilnya ikan yang dipancing. Kail mulai dari yang kecil berdimensi 0, 3.

Untuk memancing ikan lele, kita harus menggunakan joran solid( tidak berlobang di bagian tengah) yang tahan patah. Joran solid ini diseleksi untuk memprediksi mengangkat ikan lele berdimensi besar kisaran 3- 5 kg. Senar pancing dapat berdimensi 0, 30 milimeter.

Bila ikan lele yang terdapat cuma kecil- kecil dengan bobot maximal 1 kg, lumayan pakai senar pancing dimensi 0, 23 mm- 0, 25 milimeter. Jika kita memakai senar pancing yang kecil ini dan mendapatkan ikan lele besar, harus pelan- pelan meminggirkan ikan lele setelah itu ikan lele diambil dengan tangan ataupun perlengkapan.

Memancing ikan lele di sungai harus menggunakan umpan yang mendasar di sungai, karena ikan lele suka bersantai di bawah sungai.

Untuk mata kail, memancing ikan lele, hendaknya memakai kail berdimensi besar. Untuk ikan lele sebesar separuh legan ataupun dekat bobot 5 ons, dapat digunakan kail dimensi 9. Untuk ikan lele bobot kisaran 1- 1, 5 kg, baik digunakan kail dimensi 10- 12. Sebaliknya untuk ikan lele diatas 1, 5 kg, baik digunakan kail dimensi 15

 

Sekian itu saja yang dapat aku sampaikan seputar umpan ikan sungai, mudah- mudahan postingan yang aku sampaikan kali ini dapat berguna serta dapat membuat kita bahagia,

Salam Sehat Untuk Kita Seluruh.  Terimakasih