Umpan Ikan Baung

Umpan Ikan Baung – Ikan Baung adalah jenis ikan yang masuk dalam keluarga catfish atau Ikan Lele, dan Ikan Patin. Ikan ini memiliki nama latin Hemibagrus Nemurus, ikan ini merupakan ikan air tawar yang penyebarannya cukup luas di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan hingga ke beberapa daerah, Ikan ini memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Contohnya di Jawa Barat Ikan ini disebut dengan nama Ikan senggal atau singgah, Ikan beong, baong dan sogo, sedangkan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan di Kalimantan Ikan ini disebut dengan nama Ikan niken, Ikan patin , ikan siken, tiken dan tiken bato dan beberapa nama yang berbeda di beberapa daerah lainnya.

Ikan Baung mempunyai identitas utama ialah mempunyai sejoli kumis seperti Lele, tetapi berlainannya dengan ikan lele terletak pada wujud serta rupanya.

Tidak hanya itu Ikan Baung pula mempunyai sejoli patil sama semacam ikan lele, serta patil yang konon katanya bila terserang pada anggota badan manusia, sengatan racunnya melebihi sengatan toksin lele serta dapat menyebabkan demam.

Di sekujur tubuh ikan baung ini juga terdapat lendir yang biasa digunakan saat ikan sedang merasa terancam. Oleh karena itu kita harus berhati-hati ketika akan memegang ikan ini. Usahakan menggunakan alas baik itu sarung tangan ataupun kain pada saat memegang ikina ini terutama pada ikan yang berukuran besar.

Sungai merupakan tempat tinggal favorit Ikan Baung. Karena Ikan Baung senang hidup di habitat perairan yang memiliki arus yang deras. Tetapi ikan ini juga bisa ditemukan di danau, rawa, dan waduk. Ketika musim hujan turun ikan baung akan melakukan migrasi dengan mengikuti aliran sungai yang berarus deras.

Ikan Baung lebih banyak melakukan aktivitasnya seperti mencari makan pada malam hari karena ikan ini merupakan spesies Nokturnal. Pada habitat alam liar Ikan Baung dapat dikatakan sebagai spesies pemakan segalanya atau Omnivora. Meskipun Ikan Baung lebih sering memakan hewan-hewan kecil di air, tetapi terkadang Ikan Baung juga dapat memakan tumbuh-tumbuhan air.

Ikan Baung memiliki rasa yang lezat dan gurih untuk dikonsumsi. Bahkan beberapa nelayan ada yang menjual ikan ini dengan harga yang tinggi. Pada saat kita memperoleh kesempatan untuk merasakan sensasi strikenya Ikan Baung juga memiliki perlawanan yang sangat kuat .

Salah satu faktor utama dalam keberhasilan memancing Ikan baung adalah umpan yang digunakan. Pasti mengenali Umpan Ikan Baung yang sesuai digunakan di siang hari maupun malam hendak sangat menolong dalam mencapai hasil yang lebih optimal. Berikut ini adalah rekomendasi Umpan Ikan Baung paling jitu yang dapat kamu gunakan.

Umpan Ikan Baung Alami

Ikan baung

Sumber : agrowindo.com

Ikan Baung merupakan hewan omnivora, oleh karena itu ikan baung memiliki banyak sekali pilihan makanan, terlebih dari alam. Tetapi, terdapat pula sebagian tipe umpan jadi saran serta jitu buat dijadikan Umpan Ikan Baung, antara lain merupakan selaku berikut:

Cacing Tanah

Umpan Ikan Cacing

Sumber : kompas.com

Ikan Baung juga sangat suka dengan cacing tanah, sama dengan ikan air tawar lainnya. Cacing tanah sangat mudah untuk ditemukan. Kamu bisa menemukannya di sekitar tempat tinggalmu atau kamu juga bisa mencarinya pada lokasi spot pemancingan itu sendiri.

Setelah mengaitkan umpan ke mata pancing, jangan lupa untuk menyisakan sedikit bagian ekornya di ujung, supaya bisa bergerak-gerak karena sangat mampu untuk menarik perhatian ikan yang melihatnya.

Udang

udang rawa

Sumber : fokusjabar.id

Udang termasuk kedalam salah satu Umpan Ikan Baung yang cukup jitu dan telah digunakan sejak dahulu kala. Carilah udang air tawar yang masih segar, kemudian ikatkan pada mata pancing yang akan digunakan.

Bila kamu mengalami kesulitan dalam mencarinya, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan memancing ataupun yang menjual bahan pokok keperluan sehari-hari. Pilihlah udang yang masih segar.

Anak Ikan Puyau

anak ikan payau

Sumber : satriahewan.com

Ikan ini juga biasa disebut dengan nama Ikan Nilem, yang secara umum habitatnya banyak ditemukan di permukaan air. Telah banyak pemancing yang telah membuktikan bahwa umpan yang satu ini sangat manjur untuk dijadikan sebagai Umpan Ikan Baung.

Carilah anakan ikan Puyau yang masih kecil. Saat kamu memancing di malam hari Umpan yang satu ini sangat direkomendasikan, namun bukan berarti tidak potensial pada siang hari. Caranya, pada bagian sirip kaitkan mata pancingnya.

Ikan Wader

ikan wader

Sumber : indonesia.go.id

Ikan Wader ialah tipe spesies ikan kecil yang hidup di air tawar. Ikan ini umumnya jadi santapan lezat untuk gabus, bawal, nila serta ikan air tawar yang lain tercantum Baung.

Untuk menggunakan umpan ini, usahakan Ikan yang digunakan masih dalam keadaan hidup. Kaitkan umpan dengan mata pancing pada bagian punggung Ikan Wader,kemudian lemparkan dan tarik perlahan, fungsinya menarik perhatian ikan dibawahnya.

Jangkrik

Jangkrik

Sumber : diadona.id

Jangkrik adalah hewan yang berhabitat di dalam tanah. Jangkrik memang menjadi makanan lezat bagi sebagian besar ikan di air tawar. Cara pakainya cukup gampang kamu hanya tinggal mengaitkannya ke mata pancing langsung.

Ulat Daun

Ulat daun

Sumber : farmee.id

Ikan sangat menyukai bau amis yang menyengat. Ulat daun memiliki kandungan protein yang lebih tinggi disbanding cacing. Sehingga, bau amis yang dihasilkan ulat daun lebih tinggi, sehingga bisa lebih cepat tercium oleh ikan dan ikan akan memakan umpanmu. Jika kamu menggunakan umpan ulat daun, usahakan kamu menggunakannya ketika dalam keadaan hidup masih hidup, agar ulat tetap bisa bergerak-gerak ketika berada di dalam air, sehingga menyebabkan ikan lebih tertarik.

Usus Ayam

usus ayam

Sumber : blibli.com

Umpan Ikan Baung memang cukup banyak sekali baik yang digunakan di sungai maupun rawa, yang berasal dari alam.

Usus ayam sangat jitu buat dijadikan Umpan Ikan Baung sebab menghasilkan bau yang khas serta spesial yang sanggup menarik atensi ikan baung. Triknya kombinasi kuning telur itik serta lemak sapi ataupun kambing setelah itu olah terlebih dulu.

Laron

laron

Sumber : idntimes.com

Hewan perangsang cahaya yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan ketika musim hujan tiba. Biasanya mereka akan menyerang rumah, lampu jalan maupun tempat-tempat terang lainnya di malam hari. Cara pemakaiannya cukup mudah terlebih dahulu copot sayapnya, kemudian ikatkan beberapa ekor laron hingga mata kail penuh. Bila sedang musim hujan, maka laron bisa menjadi rekomendasi umpan yang efektif untuk memancing ikan baung.

Kroto

kroto

Sumber : idntimes.com

Kroto adalah telur semut yang biasa dipakai untuk memancing ikan jenis air tawar. Caranya kamu bisa mencampurkan kroto dengan pelet, kemudian menambahkan air panas secukupnya. Lalu, aduk hingga merata dan membentuk adonan yang kenyal, diamkan sebentar dan umpan siap untuk digunakan.

Belalang

Belalang

Sumber : kompas.com

Nyatanya hewan yang sering jadi game masa anak- anak ini pula sangat disukai ikan baung. Hewan ini sangat gampang ditemui kalian dapat menciptakannya di perkebunan, rerumputan, hutan, ilalang serta habitat kering yang lain.

Baca Juga : Umpan Ikan Gabus Alami

Umpan Ikan Baung Sungai

Ikan Baung

Sumber : .esquire.co.id

Bahan :

  • Essen
  • Kuning telur bebek (1 butir)
  • Daging/usus ayam
  • Pelet ikan/udang(1/2)
  • Terasi secukupnya
  • Air secukupnya.

Pertama yang harus kamu lakukan yaitu campurkan semua adonan dalam wadah kemudian aduk hingga merata. Lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian, diamkan kurang lebih satu hari, tujuannya supaya adonan mengeluarkan bau khas yang menyengat. Lalu, buat motif menjadi bulat-bulat seukuran mata pancing umpan siap untuk digunakan.

Baca Juga : Umpan Ikan Bandeng

Umpan Ikan Baung Kucur

ikan baung

Sumber : pasartanimelawati.com

Bahan :

  • Essen
  • Daging ayam atau ikan
  • Usus ayam atau usus sapi
  • Lemak (Kambing, Sapi atau  Ayam)
  • Kenung telur Bebek (2 butir)
  • Kapas Secukupnya.

 

Cara pembuatanya tidak jauh berbeda dengan Langkah-Langkah pertama di atas, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan, kemudian tambahkan sedikit air. Diamkan kurang lebih selama 3 hari, gunakan kapas untuk membuat motifnya, dan umpan pun siap dipakai.

Umpan Ikan Baung Malam Hari

ikan baung malam

Sumber : umpanmancingikan.blogspot

Bahan :

  • Kuning telur itik (2 butir)
  • Tepung ikan (1 bungkus)
  • Terasi (2 bungkus)
  • Pelet udang (25 gr)
  • Air secukupnya
  • Kapas secukupnya.

Cara pembuatanya, rebus terlebih dahulu telur bebek hingga matang, kemudian ambil kuningnya saja, lalu tambahkan tepung ikan, terasi dan pelet udang. Aduk hingga merata. Bila adonan masih terasa agak keras, tambahkan lagi sedikit air. Lalu aduk kembali hingga rata. Diamkan beberapa saat. Kemudian Buat motif sesuai ukuran mata pancing, menggunakan kapas yang sudah di siapkan tadi. Umpan sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga : Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Baung Rawa

Ikan Baung

Sumber : diikuti.info

Bahan :

  • Terasi
  • Pelet udang
  • Air secukupnya
  • Kuning telur bebek (1 butir)

Campur semua bahan di atas,kemudian  aduk hingga merata sampai membentuk adonan, lalu tambahkan sedikit air, diamkan agar sedikit mengeras, buat motif sesuai dengan keinginan, dan umpan siap digunakan.

Baca Juga : Umpan Ikan Cendro

Racikan Umpan Ikan Baung Paling Ampuh

Ikan baung

Sumber : cdn.umpan.com.my

Bahan :

  • Tepung kanji (1/2)
  • Tepung terigu (1/2)
  • Telur bebek (1 butir)
  • Bawang goreng
  • Pelet secukupnya
  • Terasi
  • Air

Pertama yang harus kamu lakukan adalah tumbuk bawang goreng hingga halus. Kemudian campurkan semua bahan dalam suatu wadah. Kemudian masukkan pula tumbukan bawang goreng tadi, sehabis adonan rata, goreng sampai separuh matang, kemudian diamkan sebagian dikala, umpan siap buat digunakan.

Baca Juga : Umpan Ikan Mujair

Itu tadi adalah beberapa jenis rekomendasi Umpan Ikan Baung yang sudah dipakai sejak dulu sampai saat ini dan terbukti jitu. Semoga Ulasan di atas bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi teman – teman pemancing semua. Terima Kasih dan Selamat Mencoba.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply