1

Umpan Ikan Belida

Umpan Ikan Balida

Umpan Ikan Balida

Umpan Ikan Belida – Emang jenis ikan yang satu ini sangat asing bagi telinga kita. Tapi kita pernah mendengar sebuah makanan yaitu “ empek-empek”, pastinya sudah pada kenallah sebagai masyarakat Indonesia. Nah dari sini menyatakan bahwa ikan Belida merupakan bahan dasar dari empek-empek.

Ikan Belida sendiri memiliki nama samaran sebagai ikan pipih dan bulu punggung.Ikan Belida sendiri menjadi sebuah ikan terfavorit di Sumatra, ikan Belida ini memang benar benar sangat diburu, dengan berbagai cara ikan ini diburu, baik dengan di pancing atau di jaring.

Jika salah satu dari anda  tertarik untuk memancing atau mendapatkan ikan Belida yang cukup banyak, salah satu faktor penting yang harus  anda ketahui ialah umpan ikan Belida ini. Sebab umpan adalah faktor inti dalam melakukan penagkapaan terhadap ikan Belida ini.

Ikan Belida ini sangat banyak memiliki bentuk yang unik dan beraneka ragam seperti pisau, dengan corek warnanya yang sangat bervariasi. Akan tetapi, terdapat juga ukuran yang besar pada ikan Belida ini.

Umpan Ikan Belida

Berikut jenis-jenis umpan ikan Belida :

 Cacing Merah

Umpan Ikan Betok

Umpan Ikan Betok sumber : kompas.com

Cacing merah merupakan umpan atau makanan pertama untuk menangkap ikan Belida. Mencari cacing merah sendiri sangat mudah cukup. Anda cukup mendapatkannya di sekitaran rumah ataupun dengan area pemancingan yang gunakan memancing.

Tips-nya cukup mudah untuk memasang umpan. Anda cukup menyisakan bagian kepala cacing merah ini atau ekor cacing merah dibagian ujung umpan, agar bisa bergerak gerak  untuk menarik perhatian dari Ikan Belida tersebut.

Udang Hidup

Umpan ikan belida

Umpan ikan belida sumber : agrowindo.com

Udang hidup sendiri juga termasuk dari santapan ikan Belida ini. Cara mendapatkan udang adalah dengan membelinya atau dengan mencari di daerah laut. Untuk tips-nya kali berbeda, potong udang tersebut dengan perkiraan besar atau kecilnya ikan Belida di spot atau pemancingan tersebut.

Anakan Ikan

Umpan ikan belida

Umpan ikan belida sumber : hewan.id

Anakan ikan juga umpan ikan Belida. Ikan Belida sendiri termasuk  ke golongan hewan karnivora, ikan Belida sendiri suka memangsa anak ikan seperti ikan Sepat, ikan Mujair, ikan Nila, hingga anakan ikan Wader dalam kondisi hidup.

Untuk mendapatkan jenis umpan seperti anakan ikan ini, Anda bisa membelinya di tempat budidaya, pasar ikan, atau Anda memancingnya terlebih dahulu di hulu sungai.

Ulat Daun

Umpan ikan belida

Umpan ikan belida sumber : hewan.com

Ulat daun merupakan salah satu makanan dari ikan Belida, mecari ulat daun merupakan hal yang susah ya, akan tetapi dengan ulat daun kita bisa memancing atau menangkap ikan Beladi dengan mudah.

Tips-nya cukup mudah untuk memasang umpan ini , cukup Anda kaitkan kail pancing ke ekor ulat daun tersebut. Dan dengan hasil ulat itu akan bergerak gerak sebagai umpan.

Serangga

umpan ikan belida

umpan ikan belida sumber : id.wikipedia.org

Nah disini ada yang ga asing ya yaitu serangga. Serangga juga merupakan jenis makanan ikan Belida, sebab ikan ini bisa di bilang ke jenis predator yang tidak agresif. Untuk mendapatkan sebuah serangga kita dapat mendapatkannya di sekitar rumah maupun di lahan lahan.

Tips-nya cukup kaitkan kail anda terhadap kepala srangga tersebut. Semudah itulah jika kita menggunakan umpan serangga.

 

 Jam Makan Ikan Belida

umpan ikan beladu

umpan ikan beladu sumber : laut.com

Ikan Belida ini termasuk ikan yang tersebar luas di daerah pulau Sumatra, dan juga ikan asli dari air Tawar di Asia Selatan dan Tenggara. Di satu sisi ikan ini sudah masuk sebagai ikan predator semenjak ukurannya masih kecil.

Setelah kalian mengetahui apa saja makanan atau umpan dari ikan Belida di atas, ada lagi hal penting harus kalian perhatikan saat ingin memancing ikan Belida iala jam makan makan. Karena jam makan ini sangat berpengaruh terhadap penangkapan kita nantinnya.

Bersumber atau mendengar dari percakapan orang orang, waktu yang sangat tepat saat memancing ikan Belida ini disarankan muali dari matahari terbenam hingga seusai shubuh. Sebab ikan Belida ini lebih aktif di malam hari.

Ikan Belida besar memiliki waktu sendiri untuk mencari makan, malam hari biasanya sekitar pukul 19.00 hingga pukul 22.00 dan ketika waktu shubuh diantara pukul 03.00 hingga menjelang fajar.

 

Spot Ikan Belida

 

Untuk spot sungai, Belida ini sering berada di kondisi air yang deras atau air yang mengalir dengan cepat. Tak menutup kemungkinan ikan ini juga muncul di sekitar lubuk sungai.

Selain kalian mengetahui umpan umpan dan waktu makan ikan Belida ini, ada satu hal lagi yang kalian harus perhatkan adalah tempat, pastikan tempat yang akan anda pancing merupakan tempat yang terdapat kayu kayu  cukup banyak, karena ikan Belida sendiri merupakan ikan yang cukup senang berada di dekat kayu kayu dan bisa jadi membuat sarang di lokasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang memancing ikan Belida, Anda bisa lihat permukaan air. Bila sesekali ikan meloncat ke permukaan, bisa jadi itu spot yang potensial bagi Anda menangkap ikan atau memancing ikan.

Dan untuk anda ingin mengetahui atau menentukan ukuran ikan Belida yang besar atau kecil, bisa saja dilihat seketika ikan meloncat ke atas. Untuk ikan Belida yang berukuran besar hal tersebut jarang dilakukan, biasanya hanya maghrib dan pagi pagi saja. Sedangkan yang berukuran kecil biasanya ikan Belida tersebut melakukan hal hal yang diatas yaitu loncat loncat ke atas atau ke permukaan. Maka dari itu anda harus jeli terhadap penglihatan langsung.

Tips Mancing Ikan Belida 

 

Memancing ikan Belida ini cukup banyak tips, setelah anda mengetahui spot dan jam makan dari ikan Belida, hal penting yang tidak boleh ketinggalan adalah trik yang wajib di perhatikan saat memancing ikan Belida yaitu :

 

  • Jika ingin menargetkan ikan Belida yang berukuran besar, anda jangan menggunakan asal teknik memancing, anda harus gunakan pelampung, sebab ikan Belida ini suka berada di kedalaman yang sedang hingga dasar.
  • Ketika anda memancing ikan ini dan umpan anda di sambar, jangan anda langsung tarik, tunggu dan biarkan ikan Belida membawanya sejenak hingga pelampung kedalam. Ketika pelampung benar benar sudah terbenam, baru ditarik.
  • Bila dari anda menargetkan ikan Belida yang kecil anda tidak perlu menggunakan teknik diatas. Sebab ikan Belida ikan dikenal dengan ikan yang rakus, jadi anda tidak begitu sulit untuk memancingnya.
  • Jika anda sudah menemukan sarang atau tempat dari ikan Belida ini, jangan melemparkan umpan terlalu dekat dan terlalu jauh dengan sarang itu, perkiraan 13 meter.
  • Jika anda memancing ikan Belida janganlah membawa 1 pancing, akan tetapi bawalah 2 pancing dengan paket lengkap, karena ikan Belida dengan ukuran besar itu cukup kuat dan sudah dipastikan mampu memutuskan senar pancing anda.
  • Gunakanlah timah pemberat yang kecil saja, sebab ikan Belida cukup pintar ia tidak akan memakan umpan kalian dahulu. Akan tetapi umpan anda dibawa ke sarang mereka dan memakannya disana.
  • Maka dari itu,diwaktu pelampung anda sudah memberi kode umpan sudah disambar, jangan anda buru buru untuk langsung menariknya, akan tetapi ulur lah sedikit demi sedikit, dan tunggulah momen yang tapat.
  • Sewaktu ikan sudah menyambar, usahakan senar anda dalam kondisi yang tegang. Sebab ikan Belida akan memainkan senar kamu hingga akhirnya putus.

 

Sekian ulasan tentang umpan ikan Belida, untuk info lebih lanjut silahkan cek di scidacreview.org. Semoaga bermanfaat dan membantu, selamat  memancing.