1

Umpan Ikan Kakap

Umpan Ikan Kakap – Bagi orang-orang yang sudah terbiasa berburu ikan atau memancing di laut atau muara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan yang tergolong dalam keluarga ikan laut dasar yang hidup secar berkelompok dan indentik dengan dasar-dasar karang atau terumbu karang.

Nah pada artikel kali ini, kami sudah merangkum mengenai raciakan umpan paling ampuh,jitu dan sudah terbukti manjur untuk memancing ikan kakap merah, ikan kakap putih, ikan kakap batu, dan ikan kakap bakau.

Ikan kakap ini mempunyai ciri-ciri yaitu tubuh yang bulat pipih dan memanjang, memiliki sirip yang memanjang sampai ekor. Ikan ini memiliki gigi yang tajam sebagai pengoyak ketika terdapat mangsa di sekitar karang dan ikan kakap ini sangat sergap ketika ada makanan yang melintas didepannya.

Tempat asal asli dari ikan kakap sendiri yaitu berada di Provinsi Kepulauan Riau.. Ikan Kakap merah merupakan fauna khas provinsi Kepulauan Riau . Ikan kakap Merah digunakan sebagai baham makanan khas yakni asam pedas.

Dibeberapa wilayah laut Indonesia terdapat bebrapa jenis kakap yang bisa dijumpai. Dan tentunya juga banyak orang yang berburu ikan ini , dengan teknik dan umpan  jitu untuk ikan Kakap sesuai dengan jenisnya, malam hari dan strategi lainnya yang telah terjamin ampuh.

Jenis-Jenis Ikan Kakap

Sebenarnya penyebaran ikan kakap hampir menyeluruh di penjuru tanah air, dan juga dijadikan hidangan makanan di rumah ataupun restoran.

Ikan yang habitatnya disekitar karang, rumpon dan tandes. Berikut ini, beberapa Jenis Ikan Kakap di Indonesia yaitu:

  • Ikan Kakap Merah (Lutjanus Campechanus)
  • Kakap Cubera (Lutjanus Cyanopterus)
  • Kakap Domba (Lutjanus Analis)
  • Kakap Anjing (Lutjanus Jocu)
  • Kakap Batu (Lutjanus Griseus)
  • Kakap Sutra (Lutjanus Vivanus)
  • Kakap Ratu (Etelis Oculatus)
  • Kakap Sirip Hitam (Lutjanus Buccanella)
  • Kakap Ekor Kuning (Ocyurus Chrysurus)
  • Kakap Vermilion (Rhomboplites Aurorubens)
  • Kakap School Master (Lutjanus Apodus)
  • Lutjanus Mahogony

Berikut ini adalah rekomendasi umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan kakap berdasarkan jenisnya dan teknik dalam penggunaan umpan juga teknik saat memancing.

Umpan Ikan Kakap Putih

ikan kakap putih

sumber : antaranews.com

Ikan Kakap putih (Lates calcarifer)  atau juga dikenal akrab dengan  ikan Barramundi, yang tersebar di sepanjang wilayah Hindia-Pasifik Barat, mulai dari Asia Tenggara sampai Papua Nugini dan Australia Utara.

Salah satu daerah penghasil ikan kakap putih di Indonesia adalah Kabupaten Pangkep di Povonsi Sulawesi Selatan.

Kakap putih merupakan jenis ikan yang mempunyai niali ekonomis tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri maupun untuk luar negeri.

Ciri khas dari Ikan Kakap Putih yaitu memiliki tubuh yang memanjang, mulut besar namun sedikit mencong dan rahang atas yang panjang hingga ke belakang mata.

Pada bagian insang memiliki duri kecil penutup bergerigi di atas pangkal gurat sisi.Mempunyai  sisik  tipe sisir (ctenoid) yang ukurannya besar dan berwarna perak gelap atau terang sesuai pada lingkungan tempat hidupnya. Sirip ekor ikan ini pendek dan bulat.

Panjang rata-rata tubuh ikan kakap putih sekitar 0,6–1,2 m (2,0–3,9 ft) dengan berat maksimal sekitar 60 kg (130 pon).

Berikut ini, ada 3 Racikan Umpan Memancing Kakap Putih

Baca juga : Umpan Ikan Tawes

Ikan Kecil

ikan kecil-umpan ikan kakap putih

sumber  : umpan pancing

Rantai makanan pada daerah perairan itu unik, memakan atau dimakan itu adalah hal yang biasa. Begitu pula dengan ikan Kakap ini, yang juga sangat suka memangsa hewan lain yang ukurannya lebih kecil, seperti wader ataupun belanak.

Apabila anda memilih untuk memakai umpan ini, maka carilah ikan belanak yang berukuran 5-10 cm, atau ikan Wader juga bisa.

Untuk teknik pemasangannya yaitu dengan mengaitkan umpan pada mata pancing pada bagian sirip atau punggungnya.

Anda juga dapat memasangnya pada bagian mulutnya, yang penting jangan sampai terkena matanya. Ini bertujuan agar umpan yang anda gunakan masih hidup dan bisa bertahan lebih lama.

Dengan begitu ketika umpan anda bergerak-gerak, akan menarik perhatian ikan kakap putih.

Udang Kecil

udang- umpan ikan kakap putih

sumber : spot mancing

Apabila anda akan beraksi di malam hari, maka umpan mancing ikan Kakap putih yang satu ini adalah pilihan terbaik dan rekomendasi terbaik. Tetapi selain malam, anda juga dapat menggunakannya di siang hari, kok.

Carilah udang kecil yang masih segar, anda membelinya di tempat pengumpulan ikan. Ada 2 teknik dalam pemasangan.

Untuk teknik penggunaan yang pertama, kaitkan melalui ekor hingga tembus ke bagian perut. Yang kedua, anda bisa membuang bagian ekonya, lalu kaitkan pada bagian mulut.

Cumi-cumi Kecil

cumi-cumi - umpan ikan kakap putih

sumber : hobi mancing

Rekomendasi umpan ikan kakap yang selanjutnya adalah anak cumi atau cumi-cumi kecil. Anda bisa menggunakan umpan ini dalam keadaan hidup maupun sudah mati.

Karena struktur yang ada pada tubuh cumi agak sedikit rumit, licin serta lembek, anda harus berhati-hati dalam pemasangannya.

Tusukan mata pancing dari bagian ekor yang berlubang hingga kandas ke ujung mata kail.

Baca Juga : Umpan Ikan Baung

Umpan Ikan Kakap Merah

ikan kakap merah

sumber : isw group

Habitat Ikan Kakap Merah (Lutjanus campechanus) berada di perairan teluk dan pantai. Terkadang juga dapat ditemukan di daerah muara sungai.

Ikan ini juga dijadikan sebagai ikan hias / permainan dan bernilai ekonomis yang tinggi.

Nah, jika anda tertarik untuk memancingnya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi umpan ikan kakap merah paling jitu :

Cacing

cacing- umpan ikan kakap

sumber : cyberspaceandtime.com

Umpan pertama adalah cacing, anda bisa menemukan cacing ini dengan mudah tanpa kesulitan sedikit pun. Yang juga dijadikan sebagai umpan untuk hampir semua ikan.

Untuk tehnik pemasangannya, kaitkan cacing dari kepala hingga perut, sisakan sedikit bagian ekor agar bisa bergerak-gerak ketika berada di dalam air.

Ikan Bandeng Kecil

sumber : brother fishing

Ikan yang hidup di sekitaran muara atau pantai. Ikan bandeng yang biasanya dibudidayakan di tambak-tambak atau tempat peternakan ikan lainnya. Dan ikan ini juga dijadikan akanan kuliner utama di beberapa daerah.

Jika anda ingin menggunakan ikan Bandeng ini sebagai umpan ikan kakap yang ampuh, carilah ikan yang berukuran kecil.

Anda hanya perlu mengaitkan bagian punggungnya di mata pancing, biarkan umpan berenang-renang dan akan segera menarik perhatian ikan bandeng.

Udang Putih

sumber : mancing mania

Umpan yang satu ini sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkannya. Apabila anda mau menggunakan umpan ini, anda bisa menjala-nya terlebih dahulu di muara atau sungai. Setelah itu , kaitkan langsung ke mata kail lalu bersiap-siap untuk beraksi.

Baca Juga : Umpan Ikan Mujair

Umpan Ikan Kakap Bakau

sumber : Nakama Aquatics

Habitat utama dari ikan ini adalah kawasan hutan bakau yang berada di bibir pantai. Ikan ini akrab disebut dengan Manggrove Jack.

Mangrove Jack tergolong ikan yang malas atau tidak suka mengejar mangsa yang lari jauh . Menurut penelitian

Ikan hidup secara bergerombol dan memakan segala jenis hewan yang ada didalam air.

Karena termasuk golongan karnivora, maka anda harus memilih umpan yang benar benar baik dan ampuh untuk memikat ikan ini. Berikut diantaranya adalah:

Undur – Undur

sumber : pancing jepang

Undur – undur merupakan hewan dengan kelas insects yang sering dijumpai pada tanah yang berpasir, biasanya undur – undur dipakai sebagai umpan ikan kakap bakau dengan cara melepaskan sayapnya lalu dikaitkan pada kail

Ikan Kecil / Udang

ikan kecil-umpan ikan kakap putih

ikan kecil-umpan ikan kakap

Sama dengan umpan untuk kakap jenis putih dan merah, ikan kecil kecil seperti wader, tawes, Melem dan udang putih kecil. Itu merupakan makanan favorit untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal memancing ikan kakap .

Anak Katak

sumber : hobi mancing

Anak katak yang berukuran kecil dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan kakap bakau.

Untuk tekniknya, kaitkan bagian punggungnya  pada pancing anda, kemudian lempar dan tarik perlahan. Pengerakan katak akan mengundang perhatian ikan kakap.

Janga lupa baca juga 7 Umpan Ikan Jelawat Paling Ampuh

Umpan Ikan Kakap Air Tawar

Habitat Ikan kakap yang satu ini memang familiar di muara laut atau air asin, tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan ikan-ikan ini bermigrasi ke air tawar disekitar muara laut.

Untuk itu, karena habitatnya yang sudah berbeda, bisa saja makanan ikan kakap juga sudah mengalami perubahan.

Berikut ini adalah beberapa Umpan ikan kakap di empang atau sungai yang bisa anda pakai diantaranya yaitu :

  • Anakan Ikan Mas.
  • Ikan Kurami
  • Anak Ikan Mujaer
  • Anakan Lele
  • Ikan Maniran
  • Ikan Kurisi
  • Ikan Kuwe
  • Ikan Kembung

 

Teknik Mancing Ikan Kakap

Setelah anda mengehatui apa saja umpan-umpan terbaik ikan kakap, ada perlunya juga anda untuk mengetahui apa saja tips dan teknik yang harus diperhatikan.

Hal ini yang nantinya akan berdampak pada perolehan hasil yang akan anda dapat. Apabila anda menggunakan teknik yang sempurna, kemungkinan besar hasil tangkapan anda akan memuaskan, dan begitu pula sebaliknya.

Berikut ini, beberapa teknik yang bisa anda gunakan

Teknik Ngocer

Teknik yang pertama yaitu teknik Ngocer. Teknik ini sederhana dan paling umum, anda hanya perlu melemparkan umpan melewati kawanan ikan kakap, setelah itu, tancapkan joran di pinggir tanggul / kolam / danau.

Teknik Umpul

Yang kedua anda bisa menggunakan teknik umpul. Cara mancing ikan Kakap yang satu ini juga bisa disebut dengan teknik Pelampung. Teknik yang umumnya dilakukan dengan spot rumpon (alat bantu penangkapan ikan), yaitu pelampung atau umpul.

Teknik Gantung

Teknik yang terakhir ini juga dilakukan ketika memancing ikan-ikan air tawar lainnya. Ketika  anda sudah melemparkan umpan melewati kawanan ikan kakap, lalu tarik kail pancing anda secara perlahan sehingga terkesan seperti tarik ulur dengan ikan.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Kumpulan Racikan Umpan dan Teknik Untuk Memancing Ikan Kakap Putih, ikan kakap merah, ikan kakap bakau, ikan kakap di sungai, muara, dan laut. Semoga dengan informasi di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Terima kasih.