1

Umpan Ikan Laut

Umpan ikan laut-Laut adalah rumah tebesar bagi juataan ikan diseluru indonesia, laut juga sangat penting bagi kehidupan manusia yang menjadi sumber daya pencarian.

Banyak sekali cara yang dilakukan untuk berburu mencari ikan di laut di malam hari baik secara individu maupun kelompok, mulai dari menjarik ikan dan memancingkan ikan dengan alat penangkap ikan biasa sampai alat penangkap ikan yang besar.

Memancing adalah kegiatan yang menangkap ikan yang merupakan salah satu hal pekerjaan, hobi, olaraga, kegiatan yang mengisi waktu luang atau sedikit bisa menghilangkan stress yang berlebihan dan dapat menjadi penghibur.

Memancing ikan di laut juga bukan hal biasa yang dilakukan seperti memancing di sungai atau di perairan kecil-kecil biasa, memancing di laut ada dampak resiko mulai dari hasil, tangkapan dan tentunya umpan yang digunakan.

Memancing adalah perbedaan yang mencolok yang bisa dilihat dari jenis, ukuran dan umpan ikan laut yang digunakan yang berpotensi untuk ikan yang didapat.

Tetapi yang namanya ikan tetap ikan.  Umpan Ikan Laut tidak jauh berbeda dengan umpan yang dipakai di perairan air tawar pada umumnya dan cara memancingnya juga tidak jauh beda.

Tetapi ada juga predator yang siap untuk memakan umpan yang kamu berikan.

 Umpan Ikan Laut

Umpan memancing laut malam hari

Ada beberapa faktor yang wajib kamu ketahui jika ingin pergi memancing di laut pada malam hari, yaitu memperhatikan keaadaan bulan ketika itu, apakah cahaya itu terang atau redup.

Pada saat bulan sedang terang,  disarankan untuk tidakmemancing karena pancaran cahaya yang memantul ke arah laut yang akan memberi efek terang pada senar yang anda gunakan, sehingga ikan akan lari takut.

Memancing dilaut diasarankan bukan ketika redup atau tertutup awan.

Beberapa umpan ikan laut di malam hari

  • Udang Putih

Udang Putih

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber Rochimarmandoblog.files.wordpress.com

 

Umpan yang pertama adalah udang yang berwarna putih dan berukuran sedikit lebih besar.

Umpan ini salah satu yang disukai oleh banyak ikan laut seperti ikan kakap, ikan barong, ikan titang, ikan belut, sogili laut, ikan kerapu, ikan putih, dan ikan pari.

Udang yang dipakai masih segar dan belum membusuk, Jika anda memancing menggunakan joran tegek, kupas terlebih dahulu cangkang uadangnya.

  • Cumi-cumi

Cumi-Cumi

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber indonesian.alibaba.com

Ikan laut di malam hari yang kedua adalah cumi-cumi. Bukan ini lebih direkomendasikan untuk digunakan ketika memancing di tengah laut dengan radius lebih 10 km ke tengah.

Untuk umpan ikan laut adalah daging cumi cumi yang masih segar dan utuh, kaitan umpan di ujung agar dapat bergerak dinamis, lalu bungkus cumi dengan plastik yang rapat pada suhu yang rendah agar tidak terkena air es secara langsung di tempat penyimpanan.

  • Undur-undur laut

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber youtu.be/3YoMaSCmkBw

Umpan ikan laut di malam hari yang ketiga adalah undur-undur keunikan salah satu ungkapan ini adalah dia bersisik terang bersinar sehingga dapat mudah terlihat oleh ikan dengan cepat.

Hewan ini mudah ditemukan di sekitar pantai dan bersembunyi di dalam pasir. Jika Anda malas mencari anda bisa membeli di toko umpan pemancingan terdekat.

  • Belut

Belut

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber origin.rumah123.com

Umpan ikan laut di malam hari selanjutnya yaitu belut, flute sangat cocok dipakai ketika memancing ikan ikan predator di tengah laut. Potong daging belut sebesar yang anda inginkan kemudian kaitkan ke mata pancing.

  • Ikan Layang

Ikan Layang

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber wikimedia.org

Nama sejenis ikan yang berukuran kecil hingga sedang, ikan ini merupakan ikan konsumsi yang cukup penting yang dipasarkan dalam keadaan segar atau diolah sebagai ikan pindang ikan asin dan lainnya. Ikan ini cocok dipakai ketika kamu melihat gerakan ikan kakap merah. Potong daging ikan layang sesuai yang diinginkan.

  • Ikan Bojor

Ikan Bojor

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber 1.bp.blogspot.com

Ikan bojor adalah salah satu jenis ikan yang banyak bertebaran di sekitar laut berdiam di pantai yang berpasir.

Ikan ikan ini adalah ikan kaca piring atau polos yang menjadi buruan pemancing karena mudah ditangkap

Ikan-ikan lainnya.

Selain beberapa ungkapan di atas lainnya diantaranya adalah ikan tongkol, ikan bloso-bloso laut, dan ikan mujair Empang.

  • Umpan Tiruan

Umpan tiruan

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber spotmancing.omkicau.com

Ada juga umpan tiruan selain umpan hidup yang bisa anda gunakan, diantaranya Metal Jig, Lure Vibration, Lure Top Water, dan Lure Minnow.

  • Daging ikan besar

Daging ikan besar

Gambar Umpan Ikan Laut Sumber liputan6.com

Anda bisa menggunakan ikan besar yang memiliki ukuran yang besar, sehingga alat yang digunakan umpan juga besar dan anda bisa menggunakan daging ikan apa saja.

  • Rumput Laut

Rumput laut

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber cdn.infobrand.id

Biasanya memancing di sungai atau diperairan cukup dengan lumut, tetapi jika di laut anda bisa menggunakan Rumput Laut.

  • Cacing laut

Cacing Laut

Gambar Umpan Ikan Laut/ Sumber durakingfishing.com

Jika anda ingin, ada memancing di laut, anda bisa memancing menggunakan cacing laut untuk mendapatkan ikan-ikan yang besar ataupun ikan kecil-keci

 

Teknik Memancing Ikan Di Tengah Laut

Anda yang ingin memancing di tengah laut, anda membutuhkan teknik yang cukup benar karena sasaran utama memancing anda di tengah laut adalah memperoleh ikan-ikan besar. Berikut beberapa teknik yang anda butuhkan:

  • Memilih Reel dan Joran

Teknik memancing kan yang pertama adalah memilih reel dan joran dengan tepat. Pilihlah komponen reel yang kekuatannya sedang, dan joran berukuran 2 meter.

Bertujuan untuk memberikan rasa nyaman pada saat menarik reel untuk mendapatkan ikan.

  • Pemilihan Senar Pancing

Pilihlah senar pancing yang sesuai panjang joran 2 meter, gunakan senar dengan berat untuk memancing di perairan air laut

  • Memancing Dasaran atau Bootom fishing

Anda menggunakan teknik ini anda harus memgunakan pemberat seperti timbah yang ukuran nya besar dan umpan, kail yang untuk sampai ke dasar laut, untuk sasaran berada di perairan cukup jauh dan cukup dalam.

  • Memancing Tonda atau Trolling

Target ikan ini yang biasanya di pancing memnggunakan teknik tonda adalah mendapatkan ikan-ikan besar.

Usahakan anda menggunakan umpan yang hidup, segar ataupun umpan tiruan.

  • Memancing Hentak atau Jerking

Teknik memancing hentak atau Jerking ini menggunakan gaya sentak. Pastikan terlebih dahulu anda menggunakan benang pancing yang panjang, kuat dan pemberat supaya umpan dan kailnya bisa sampai di dasar laut.

Teknik Hentak adalah teknik yang setelah pancing dilempar sampai ke dasar laut, kemudian gulung  dan beri hentakan supaya memberikan sesansi dan kesan seperti ada hewan hidup, hal tersebut agar menjadi daya tarik ikan untuk memakanya umpannya.

  • Memacing Terhanyut atau Drifting

Teknik yang satu in dilakukan dengan cara menghayutkan umpan dan memnjalankan  dengan perahu dengan pelan pelan di area sekitar terumbu karang dimana banyak ikan berkumpul.

Setelah ikan mulai menyebar lalu lemparkan jangkar yang digunakan untuk menangkap ikan yang sudah terkumpul.

Anda juga bisa menggunakan alat piranti yang berjenis baitcasting spinning, atau conventional.

Penutup

Cukup dari sini blog kami tentang Umpan Ikan Laut semoga bisa membantu anda yang sudah membaca. Terima kasih atas perhatiannya.