Umpan Ikan Nila

Umpan Ikan Nila – Memancing sudah menjadi hobi yang menjamur di beberapa wilayah di Indonesia.Selain bisa menghilangkan stress, memancing juga bisa melatih kesabaran.

Dalam memancing ikan perlu menggunakan strategi.Salah satu strategi untuk bisa sukses mendapatkan banyak ikan adalah kenali jenis jenis ikan yang kita pancing.

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai umpan ikan nila yang tepat dan cocok.Berikut adalah ramuan umpan ikan nila menurut jenisnya

Baca Juga : 10+ Resep Umpan Ikan Baung Paling Jitu dan Ampuh Terbaru

Umpan Ikan Nila Kolam

Umpan ikan Nila Kolam Sumber:masyundar.com

Kolam pemancingan menjadi salah satu tempat untuk memancing ikan nila.Agar bisa mendapatkan Ikan nila dengan cepat dan banyak,umpan yang kita gunakan harus sesuai dengan jenis ikannya.Berikut adalah jenis umpannya :

Pelet P1000

umpan ikan nila pelet p1000

Umpan Ikan Nila Pelet P1000 Sumber:nyarisbisnis.com

 

Umpan nila kolam yang pertama adalah menggunakan pellet jenis P1000 dan air hangat seperlunya.Cara memakainya dengan mengombinasikan bahan pelet P1000 dengan air hangat sehingga menjadi sebuah adonan.

Berikutnya buat adonan tadi jadi bulatan- bulatan kecil supaya ukurannya masuk di mulut ikan nila.Langkah terakhir pasang umpan di ujung kail pancingan anda, dan mulalilah memancing ikan.

Pelet PF- 1000

pelet pf1000

Pelet PF1000 Sumber:bukalapak.com

Umpan yang kedua,menggunakan pelet merk PF-100, dikombinasikan dengan kuning telur ayam dan madu.Cara membuatnya seperti dengan cara yang pertama dengan menggabungkan ketiga bahan tersebut.

Kemudian bulat – bulatkan adonan menjadi kecil – kecil sesuai dengan mulut ikan Nila.Umpan Nila kolam jenis ini dijamin bisa dapat ikan dengan lebih cepat dibandingkan cara yang pertama

Umpan Campuran

Yang terakhir adalah umpan campuran yang terdiri dari Bahan- bahannya antara lain roti keju 2 bungkus, separuh gelas pelet PF- 1000, separuh gelas pelet 781- 2 SP, 1 butir kuning telur, 2 sendok teh madu serta air seperlunya.Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi adonan.

Upayakan supaya adonan tersebut tidak sangat encer sebab hendak gampang sirna nantinya. Serta yang terakhir wujud adonan jadi wujud ataupun bulatan kecil- kecil cocok dengan dimensi ikan nila.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Lele Paling Jitu dan Ampuh

 Umpan Ikan Nila Liar

Ikan hias NilaIkan Nila Hias Sumber:ikanhias.id

Jenis  ikan nila yang selanjutnya, adalah ikan yang hidup di alam liar.Tentu cara hidupnya berbeda dengan ikan nila kolam.Karena cara hidupnya yang berbeda otomatis makanan sehari harinya pun berbeda seperti makan makanan yang ada di alam luar.

Oleh sebab itu, kalian dapat membuat umpan buat ikan nila liar dengan memakai bahan bawah natural semacam lumut.Umpan apa saja yang efektif memancing ikan Nila Liar?Simak di bawah ini

1. Lumut

Umpan Ikan Lumut

Umpan Ikan Lumut Sumber:pixabay.com

Lumut menjadi media umpan yang sering digunakan pemancing ketika memancing di alam bebas.Sebab lumut gampang ditemui serta dapat dibilang lumut ialah salah satu tipe umpan nila yang lumayan ampuh. Namun, tidak seluruh lumut dapat efektif menjadi umpan ikan nila.

Lumut yang efektif terbuat umpan merupakan tipe lumut yang terdapat di bebatuan sawah, sungai serta selokan.Lumut tipe ini memiliki tekstur lembut dan bercorak hijau terang sehingga membuat ikan nila liar tertarik.

Tips tambahan agar lebih cepat ikan nila tertarik yaitu dengan  cara mengkombinasikan lumut dengan garam dan sari pandan.Caranya rendam lumut dengan garam selama kurang lebih 30 – 45 menit.Fungsi sari pandan disini sebagai pewarna hijau pada lumut agar ikan nila liar mudah tertarik.

 

2. Mi Instan

Umpan Ikan Mie Instan

Umpan Ikan Mie Instan Sumber:sehatq.com

Ternyata bukan hanya manusia yang menjadikan mie instan sebagai makanan favoritnya.Ikan nila liar pun juga doyan dengan jenis makanan ini.Meski terdengar aneh tapi faktanya dinilai ampuh.Bahan lain yang digunakan sebagai umpan adalah air hangat dan kuning telur ayam.Campurkan semua bahan menjadi satu.

Fungsi air panas adalah menghaluskan mi serta buatnya lebih pulen, sehingga gampang melekat pada kail pancing.Sedangkan kuning telur ayam berperan sebagai membagikan bau amis serta menarik atensi ikan nila.

3. Pelet

Umpan Ikan Pelet

Umpan Ikan Pelet Sumber:garudamuda.co.id

Pelet merpuakan tipe umpan yang lumayan efisien  dan efekttif  dapat digunakan di bermacam posisi baik kolam, sungai apalagi danau. Meski umpan pelet masih belum terbiasa dengan ikan nila liar, namun pelet masih senantiasa jitu buat memancingnya.

Tips tambahan agar lebih efektif anda bisaa menggabungkan pelet dengan air panas serta vanili. Dengan air panas hingga tekstur pelet jadi lebih lembek serta gampang ditaruh pada kail pancing. Sedangkan vanili berperan buat memancing kehadiran ikan nila dan karen aroma khas vanili menjadi kesukaan buat mereka.

4. Cacing

Umpan Ikan Cacing

Umpan Ikan Cacing Sumber:merdeka.com

Selanjutnya adalah umpan cacing.Cacing masih  menjadi salah satu umpan yang efektif digunakan buat ikan nila liar.Umpan cacing seringkali nyaris tentu disambar oleh ikan nila liar.Tetapi, cacing yang digunakan bukan cacing sembarangan melainkan , cacing air ataupun cacing sawah dan juga cacing dari tumbuhan pisang yang busuk.

Jangan menggunakan Cacing tanah karena memiliki teksturnya yang lumayan alot serta ukurannya yang besar.Cacing dengan jenis ini biasanya tidak disukai ikan terutama ikan nila.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Umpan Ikan Pari Paling Jitu dan Ampuh

Umpan Ikan Nila Danau

umpan ikan nila danau

Umpan Ikan Nila Danau Sumber:ikanesia.id

 

Tidak hanya kolam pemancingan serta laut, salah satu habitat ikan nila merupakan danau. Umpan buat ikan nila danau nyaris sama semacam umpan ikan pada biasanya.Berikut adalah jenis umpan nya :

1. Kroto

umpan ikan nila danau krotoUmpan Ikan Nila Kroto Sumber:idntimes.com

Tidak hanya umpan lumut serta cacing, umpan kroto pula sangat efisien buat digunakan kala memancing ikan nila. Telur semut ini masih jadi andalan para pemancing buat memperoleh ikan nila di danau. Pakai kroto yang masih fresh biar bisa menciptakan bau kecut yang khas, sehingga ikan nila hendak mendekati serta menyukainya.

 

2. Lumut

umpan ikan nila danau

Umpan Ikan Nila Lumut Sumber:pixabay.com

Lumut yang digunakan tidak sembarangan,lumut sawah atau lumut yang terdapat di pinggiran danau. Seleksi lumut dengan dimensi yang lumayan panjang supaya gampang berhubungan pada kail pancing.

Umumnya lumut semacam ini bisa kalian peroleh di zona persawahan ataupun parit kecil yang tergenang air.

Umpan ini lumayan efisien, kalian apalagi berkesempatan buat bisa memancing ikan nila babon ataupun ikan nila indukan di danau memakai umpan lumut ini.

 

2. Cacing Laut

Umpan Ikan Cacing Laut

Umpan Ikan Cacing Laut Sumber:dunia.tempo.co

Namun apabila kalian hadapi kesusahan buat memperoleh lumut, terdapat umpan alternatif lain yang dapat kalian pakai, ialah umpan cacing. Cacing yang sesuai buat dijadikan umpan merupakan cacing merah ataupun cacing laut.

Cacing laut ialah istilah buat cacing kecil berdimensi mirip kelabang. Kalian dapat menciptakan cacing semacam ini di wilayah sungai kecil dekat dengan wilayah laut ataupun di zona sawah. Ataupun kalian pula dapat menciptakannya di toko- toko pemancingan ataupun pakan burung. Tetapi, apabila kalian masih merasa kesusahan pula buat memperoleh cacing merah, hingga cacing yang terdapat pada batang pisang busuk dapat jadi alternatif.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Seluang Paling Ampuh Terbaru

Umpan Ikan Nila Sungai

Umpan Ikan Nila Sungai

Umpan Ikan Nila Sungai Sumber:ruparupa.com

Supaya memperoleh hasil pancingan ikan nila yang optimal, terdapat banyak hal yang harus di  perhatikan. Pertama tama selaku pemancing yang gemar memancing di sungai, kalian wajib pandai dalam memastikan spot pemancingannya.Selanjutnya, umpan yang digunakan untuk memancing ikan nila sungai.

Berikut dibawah ini adalah opsi umpan yang digunakan,yaitu:

 

1. Usus Ayam

Umpan Ikan Usus

Umpan Ikan Usus Sumber:grid.id

Jika anda memiliki usus ayam yang tidak terpakai jangan dibuang karena bisa  kalian pakai sebagai umpan ikan  memancing ikan nila di sungai. Karena ikan nila sungai suka memakan usus ayam.Caranya usus ayam wajib dicuci serta direbus terlebih dulu.

Setelah itu, sehabis direbus, taruh serta perkenankan usus dalam wadah tertutup sepanjang 2 hari. Manfaatnya merupakan supaya usus tersebut membusuk. Sehabis 2 hari, barulah umpan usus ayam siap digunakan.

 

2. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Cacing Tanah Sumber:kompas.com

Umpan yang dianggap biasa oleh beberapa kalangan pemancing ini rupaya efektif ampun untuk memancing ikan nila sungaiJadi, kalian pula dapat memakai umpan konvensional ini buat menangkap ikan nila sungai.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Nilem Rekomendasi Terbaik

Umpan Ikan Nila Babon

Umpan Ikan Nila Babon

Umpan Ikan Nila Babon Sumber:lifepal.com

Sesuai dengan namanya, ikan nila babon merupakan ikan nila yang menyamai seekor babon. Identitas ikan nila babon biasanya diidentifikasi melalui warna badannya yang lebih merah daripada ikan nila pada biasanya. Waduk menjadi habitat ditemuinya ikan nila babon ini.

Agar bisa berhasil memancing ikan nila babon, berikut beberapa umpan yang dapat kalian gunakan :

 

1.Cotton Bud

Cotton Bud

Cotton Bud Sumber:cnnindonesia.com

Tak ada yang tahu,siapa  sangka dengan cotton bud, kalian dapat memancing ikan nila. Triknya adalah, potong cotton bud serta buat rangkaian yang tersusun oleh 24 rangkaian. Potongan yang sudah dirangkai tersebut kalian masukkan ke dalam kail sehingga nampak semacam umpan.

Dengan metode ini anda dapat memakai sterofoam sisa perlengkapan elektronik sebagai umpan

 

2. Rumput

Umpan Ikan Rumput

Umpan Ikan Rumput Sumber:kompasiana.com

Tidak banyak orang yang tau kalau sesungguhnya rumput ialah salah satu tipe santapan yang disukai ikan nila babon. Tipe rumput kolonjo serta pelembem yang biasa ditemui pada pinggiran sungai merupakan tipe yang baik digunakan sebagai umpan nila babon.

Umpan Ikan Nila Badot

Umpan Ikan Nila Badot

Umpan Ikan Nila Badot Sumber:hewanpedia.com

Ikan nila badot mempunyai bobot badan yang jauh lebih berat serta dimensi yang lebih besar daripada ikan nila pada biasanya.

Satu ekor ikan nila badot bisa menggapai berat sampai 5 kg. Maka dari itu, dibutuhkan metode memancing yang tidak biasa atau khusus buat bisa menangkap ikan ini.

 

Wilayah perairan yang diartikan mencakup sungai, danau serta pula waduk merupakann habitat natural ikan nila badot dalam kurun waktu 1 tahun umumnya.

Tetapi, apabila kalian malas buat memancing ikan nila badot di spot alaminya, kalian dapat berangkat ke zona pemancingan yang memanglah sediakan ikan ini.

 

Umpan yang digunakan pastinya dengan dimensi yang lebih besar buat memancing nila badot. Sebab ikan ini terkategori ke dalam ikan jumbo.

Oleh sebab itu, umpan yang sesuai merupakan umpan berdimensi jumbo pula yang diambil dari sekitaran habitatnya. Misalnya lumut, ulat pisang, tawon, laron, rumput- rumputan serta ulat bambu.

Nah itulah tadi beberapa jenis umpan untuk memancing ikan nila yang efektif sesuai dengan  jenis-jenisnya.Bagaimana para pancing mania?sudah siapkan anda memancing ikan nila?Jangan lupa sesuaikan umpan ikan nila dengan jenis jenisnya.

 

Terimakasih telah membaca hingga akhir.Sampai jumpa di artikel selanjutnya.Semoga…

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply