2

Umpan Ikan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Sungai Air Deras – Memancing di kalangan Tua, Muda, Sampai anak kecil pun banyak yang meminati. Karena memancing dapat mengisi waktu luang kita ataupun saat sedang bosan. Malahan memancing dapat merefresh otak kita jikalau Anda sedang banyak pikiran.

Umpan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Sungai Air Deras Sumber: cajunparadiselodge.com

Banyak sekali tempat untuk memancing, untuk lokasi memancing itu sebenarnya bebas. Namun, saat memancing Anda harus dapat membedakan antara tempat yang di perbolehkan dan tempat yang tidak diperbolehkannya untuk memancing. Karena terkadang tempat yang terlihat tidak terurus/terbengkalai adalah tempat milik orang lain.

Anda tidak boleh sembarangan dalam mengambil tindakan jika tidak mau terjadi suatu. Hal yang tidak-tidak nantinya, ada baiknya jika Anda bosan dengan satu tempat yang sudah sering Anda pakai buat memancing Anda bias mengikuti lomba yang infonya banyak beredar di sosial media dan website.

Namun untuk kali ini kita tidak membahas tentang lomba memancing. Tapi kita akan membahas tentang umpan yang akan di pakai di sungai yang memiliki aliran air yang deras dan pastinya tips-tips yang akan kita bahas ini pastinya dapat membantu Anda yang masih kebingungan tentang umpan yang akan di pakai.

Jadi kenapa kita membahas Umpan terlebih dulu?

Karena, elemen terpenting dalam memancing adalah Umpan. Tanpa adanya umpan Anda tidak akan dapat mendapatkan Ikan. Selama apapun Anda memancing jika tanpa Umpan Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari hasil pancingan Anda. Dalam hal ini Umpan berperan sebagai alat tipu supaya ikan dapat mendekat dan melahap kail yang yang sudah kita pasangi umpan.

Kenapa kita hanya membahas Umpan Ikan Sungai Air Deras, kenapa tidak sekalian membahas umpan yang lain?

Jadi untuk setiap lokasi yang akan kita pakai untuk memancing pastinya semua tempat itu tidak akan sama cara pemakaian umpannya. Contoh: Anda akan memancing di Sungai tapi memakai peralatan dan umpan yang khusus untuk laut.

Maka Anda akan sangat kesulitan untuk memancing bahkan bisa  saja Anda tidak mendapatkan apa-apa setelah memancing. Selain itu, ikan yang ditarget juga berbeda karena kita membahas Umpan Ikan Sungai Air Deras.

Berikut adalah Rekomandasi yang kami sarankan untuk Anda yang berkeinginan memancing di Sungai:

Baca juga: Umpan Ikan Gabus Alami

Umpan Ikan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Sungai Air Deras Sumber: wisatakita.com

Di sungai yang berarus deras habitat untuk ikannya ada beberapa jenis. Yaitu Mahseer, Ucheng, Hampala, Baung dan lainnya. Berikut ini merupakan Umpan yang sering dipakai :

  • Mie Kremes Instan Rp. 500,00

Mie KremezZ

Untuk yang pertama ini adalah jajanan anak sekolah dasar. Yaitu Mie KremezZ Instan yang di sediakan di warung toko kelontong yang banyak tersebar di daerah Anda.

Cara pembuatannya sangatlah mudah. Yaitu kita tinggal meremasnya sampai terasa lunak, setelah itu tambahkan air secukupnya dan aduk hingga mengental. Setelah itu mulailah berarksi.

  • Serangga

Serangga

Yang kedua ini merupakan serangga. Pastinya untuk kalian yang sering memancing sudah tidak asing dengan umpan yang satu ini. Untuk serangga yang sering di pakai dalam memancing ialah Jangkrik. Untuk jangkrik ini Anda bisa mencarinya disekitar rumah Anda atau Anda bisa membelinya di pasar.

Cara  pengguanannya ini sangatlah mudah. Karena kita hanya tinggal langsung mengaitkan kail kita ke jangkrik dalam keadaan hidup supaya ikan dapat terjerat di kail kita. Selain Jangkrik ada juga yag lain. Yaitu Menggunakan Kecoa dan Capung.

  • Cacing

Cacing

Untuk umpan yang satu ini pastinya semua orang sudah mengetahuinya. Karena umpan ini lah yang paling sering di pakai untuk para pemancing dalam memancing di suatu lokasi yang airnya masih di lingkup air tawar.

Penggunaan umpan ini cukup mudah kok. Karena kita hanya tinggal mengkaitkan seluruh badan cacing hingga mata pancing penuh. Untuk jenis cacing yang sering di pakai adalah cacing nipah, tanah, hingga caicng sampah.

  • Usus ayam

Usus ayam

Selanjutnya adalah usus ayam. Selain dapat menimbulkan bau yang menyengat dan amis, bentuk dan tekstur usus ayam juga menyerupai cacing.

Selain itu, usus ayam tidak mudah hancur oleh aliran air yang deras. Selain usus ayam, Anda juga bisa menggunakan usus sapi dan kambing sebagai alternatif terbaik.

Memancing di sungai yang deras memiliki nuansa tersendiri, kita dituntut untuk lebih fokus dan hati-hati.

Baca juga : Umpan Ikan Tawes

Campuran Umpan Ikan Tawes

Tawes adalah salah satu ikan yang paling mudah ditemukan di arus deras. Nah, berikut ini beberapa campuran umpan ikan yang potensial dan direkomendasikan untuk Tawes:

  • Bahan:
    • Ubi jalar kukus
    • 5 ikan kukus jenis apa saja
    • Telur bebek rebus (4 butir)
    • Keju
    • Mie instan yang sudah hancur dan lunak
    • Wadah
    • Jagung (4 Batang)
    • Susu (1 sachet)
  • Cara mencampur:

Pertama, campur semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata. Selanjutnya buat adonan menjadi bentuk yang diinginkan, tujuannya menyesuaikan dengan ukuran pancing. Akhirnya, umpan siap digunakan.

Untuk Racikan Umpan Ikan Sungai Air Deras selanjutnya, Anda perlu menyediakan bahan-bahannya

  • Bahan:
    • Tempe (1 Persegi Panjang)
    • Wadah
    • Air hangat secukupnya
    • Udang Rebon
    • Bawang merah dan Bawang putih (2-3 siung)
    • Mie Instan (1 bungkus)
    • Mentega
  • Cara mencampur:

Untuk bawang bombay, potong-potong dan masukkan ke dalam wadah/penggorengan dengan mentega, usahakan jangan terlalu gosong dan angkat. Terakhir campur semua adonan, aduk rata, buat bentuk umpan dan umpan sudah siap digunakan.

Baca juga: Umpan Ikan Tapah

Umpan Mancing Di Sungai Keruh

Umpan Mancing Di Sungai Keruh

Sumber: i.ytimg.com

Biasanya saat kondisi air sedang tinggi atau mengalir dengan deras, airnya keruh. Namun, ada juga beberapa alasan mengapa air keruh meski ukurannya kecil, misalnya karena berbagai aktivitas manusia.

Nah, dalam situasi seperti itu, memancing agak sulit. Selain kita tidak bisa melihat tanda-tanda keberadaan ikan, para ikan juga kesulitan melihat umpannya. Nah, inilah beberapa umpan Ikan Sungai saat aliran air deras yang begitu keruh.

  • Yang pertama tentunya jenis cacing yang berbeda-beda, mulai dari cacing tanah, cacing merah, cacing darah, sampah dan jenis lainnya, karena baunya yang menyengat dan mudah tercium walaupun airnya sangat keruh.

Selain itu bisa juga menggunakan umpan laron, udang kupas, orung orung, pelet, usus ayam busuk, tempe busuk, dll.

Baca juga: Umpan Mancing Kepiting

Tips Mancing Di Sungai Air Deras

Memancing di perairan yang cepat dan keruh tentunya memiliki teknik dan strategi tersendiri, dibandingkan dengan mancing di arus yang tenang dan jernih, begitu juga dengan peralatan yang digunakan.

Selain informasi Umpan Ikan Sungai Air Deras diatas, berikut beberapa teknik mancing di Sungai Air Deras :

  • Gunakan batu timah atau batu pemberat, agar umpan tetap berada di dalam air meskipun arus membawanya pergi.
  • Tempatkan umpan sepenuhnya pada kail, untuk membantu kail tetap terendam dan tidak mengapung ke permukaan.
  • Jika menggunakan pelampung/timbulan, gunakan yang berukuran besar agar mudah dilihat pergerakannya saat kail disambar ikan.
  • Cari tempat yang kokoh dan kuat untuk berdiri agar tidak membahayakan diri sendiri, jikalau air sedang naik dan deras.
  • Gunakan teknik melempar umpan jauh ke depan, agar umpan mencapai dasar sebelum hanyut ke hilir.
  • Gunakan ukuran kail yang tidak terlalu besar, kecuali jika Anda mengincar ikan berukuran sedang hingga besar seperti hambala dan babon.

Sekian review tentang umpan ikan sungai air deras, bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang umpan umpan ikan bisa cek di website berikut scidacreview.org