1

Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Tapah – Sebelum kita membahas tentang “Umpan Ikan Tapah” ada baiknya kita terlebih dahulu memahami jenis Ikan Tapah yang satu ini.

Ikan Tapah

Ikan Tapah atau Wallago adalah jenis dari beberapa ikan kumis pemakan daging berdimensi besar yang berasal dari Asia tropis. Sampai saat ini ada 5 jenis anggota, dengan jenis yang paling umum adalah tapah Asia Wallago Attu.

Nama “tapah” diambil dari nama sebuah kota di Perak, Indonesia yang dikenal sebagai tempat banyak ditemukan Wallago attu.

Ikan tapah memiliki panjang tubuh yang bisa mencapai 1,5 m dan beratnya bisa mencapai 35 kilogram. Ikan ini umumnya memakan krustasea dan ikan kecil lainnya. Ikan ini memiliki nilai gizi yang cukup besar sehingga harganya mencapai RP. 60.000/kg.

Ikan tapah yang termasuk dalam kelompok Siluridae, merupakan jenis ikan yang dapat bertahan hidup pada kondisi oksigen rendah yang sering disebut dengan blackfish.

Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan karnivora, dan merupakan ikan nokturnal yang aktif pada malam hari. Ikan tapah merupakan jenis ikan air tawar yang masih dikategorikan hidup liar di alam bebas.

Ikan tapah merupakan ikan musiman yang ada di Sungai Siak dan Sungai Kandis dengan kondisi perairan yang berbeda. Morfometrik adalah suatu metode pengukuran bentuk luar tubuh yang digunakan sebagai dasar untuk menyamakan dimensi ikan, seperti lebar, panjang standar, tinggi dan lain-lain.

Pengukuran morfometrik berguna untuk mengidentifikasi pola perkembangan ikan, kebiasaan makan ikan, antar ikan dan bawahnya dalam mengidentifikasi ikan. Sungai Siak dan Sungai Kandis merupakan 2 sungai yang memiliki kondisi fisik yang berbeda.

Baca juga: Umpan Ikan Tawes

  • Sungai Siak

Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Tapah || Sumber: batiqa.com

Sungai Siak adalah sungai yang terletak di provinsi Riau, pulau Sumatera, Indonesia, sekitar 1000 kilometer barat laut ibu kota Jakarta. Sungai ini merupakan sungai terdalam di Indonesia yang dulunya mencapai kedalaman 30 m, namun karena pendangkalan saat ini tinggal di dekat 18 m.

Sungai ini mengalir di wilayah tengah pulau Sumatera yang memiliki iklim hutan hujan tropis. Suhu rata-rata setahun mendekati 23°C. Bulan terpanas adalah Oktober, dengan suhu rata-rata 25°C, and terdingin Januari, sekitar 22°C.

Curah hujan tahunan rata-rata adalah 2673 milimeter. Bulan yang paling sering hujan adalah November dengan rata-rata 418 milimeter, dan terendah Januari dengan rata-rata 106 milimeter.

Baca juga: Umpan Ikan Bandeng

  • Sungai Kandis/ Batang Kandis

Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Tapah || Sumber: 3.bp.blogspot.com

Batang Kandis adalah nama sebuah sungai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Batang Kandis dengan panjang sekitar 20 kilometer merupakan sungai terpanjang di kota Padang, aliran Batang Kandis bertemu dengan aliran Batang Anai dan Batang Kuranji sebelum bermuara di Samudera Hindia.

Perairan Sungai Siak tampak keruh, hal ini disebabkan oleh arus yang membawa partikel-partikel halus di perairan, sehingga tidak berpeluang untuk mengendap di bawah perairan.

Terus karena kuat kecepatan arus, sehingga akan menimbulkan nilai kekeruhan perairan yang tinggi. Sungai Kandis merupakan anak sungai dari hulu Sungai Siak di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung dan bermuara di Sungai Tapung Kiri.

Air Sungai Kandis berwarna kehitaman dan airnya ditumbuhi pepohonan di sepanjang tepi sungai.

Dari hasil survei jika dilihat secara visual, diperkirakan Sungai Kandis memiliki kecepatan arus yang lebih lambat dibandingkan dengan Sungai Siak. Parameter air tersebut diperkirakan akan mempengaruhi marfometrik tubuh ikan tapah.

Penelitian morfometrik ikan tapah (Wallago leeri Bleeker, 1851) di Sungai Siak dan Sungai Kandis telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan morfometrik kepribadian ikan tapah di perairan Sungai Siak dan Sungai Kandis yang terdiri dari 26 kepribadian.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2013 sampai Juli 2013 dengan menggunakan prosedur survei. Jumlah ilustrasi ikan yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 ekor, terdiri dari 30 ekor dari Sungai Siak dan 30 dari Sungai Kandis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan kepribadian morfometrik ikan tapah di Sungai Siak dan Sungai Kandis.

Analisis regresi linier ikan tapah di Sungai Siak dan Sungai Kandis memiliki ikatan yang erat berkisar dari sangat lemah sampai sangat kuat. Status pertumbuhannya menampilkan alometrik positif, isometrik dan alometrik negatif.

Baca juga : Umpan Ikan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Tapah

Habitat ikan Tapah yang dominan berada di perairan berarus kuat, namun belum mencapai hulu. Namun, juga sering ditemukan di tepi perairan yang tenang.

Berikut adalah beberapa Saran untuk Ikan Tapah di Sungai:

1). Ikan kecil

Umpan Ikan Tapah

Ikan tapah merupakan jenis ikan predator air tawar yang suka memakan hewan apa saja yang ditemukannya, termasuk ikan di sungai.

Misalnya seperti ikan baung, wader, tawes, dan sejenisnya. Nah, umpan ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil tangkapan yang optimal.

2). Udang Galah

Umpan Ikan Tapah

Umpan ikan tapah selanjutnya bisa menggunakan udang galah, yaitu jenis udang yang berukuran lebih besar, dan hidup di air tawar yang dangkal.

3). Lipan/kelabang

Umpan Ikan Tapah

Mungkin masih banyak yang belum tahu, kalau lipan/kelabang juga bisa dijadikan Umpan Alami Ikan Tapah. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui saat mancing menggunakan umpan kelabang yaitu besar kecilnya dimensi kelabang yang kamu gunakan.

Jika besar maka ikan yang akan memakan umpan kamu juga besar, sebaliknya jika kecil maka ikan yang akan memakannya juga akan kecil, namun untuk kelabang yang ukurannya kecil kemungkinan besar akan ditangkap. oleh ikan, jadi usahakan hanya membawa umpan kelabang berukuran sedang.

4). Ulat Lundi

Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Tapah selanjutnya adalah Ulat Lundi. Ulat lundi adalah ulat jenis hama dengan dimensi besar, gemuk, putih, tubuh tembus pandang dengan kepala berwarna coklat dan taring yang besar.

Ulat ini mudah ditemukan pada tanaman berbuah seperti jagung, juga padi dan tanaman petani lainnya. Daripada membuat kehancuran, lebih baik menggunakannya sebagai umpan ikan.

5). Casting Umpan

Umpan Ikan Tapah

Cara terakhir adalah dengan menggunakan metode casting, dengan menggunakan jenis Lure floating atau terapung pada kedalaman mendekati 1 m, terutama pada saat mancing di aliran air yang agak deras.

Baca juga: Umpan Ikan Laut

Habitat Ikan Tapah

Setelah mengetahui apa saja Umpan Ikan Tapah di atas, hal lain yang juga perlu diketahui adalah posisi atau spot ikan tapah agar tidak salah tempat.

Untuk berbagai komentar dari pemancing, ikan tapah akan lebih mudah ditangkap saat air mendung, atau bulan hitam. Waktu terbaik untuk mancing ikan tapah adalah pada sore hari sebelum matahari terbenam, dan subuh sebelum pagi hari. Carilah dasar sungai yang terlihat hitam dan dalam.

Tak hanya itu, sungai gambut merah juga menjadi salah satu spot paling potensial untuk mencari ikan tapah. Musim kemarau (Juli-Agustus) merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pencarian.

Tips Memancing Ikan Tapah

Setelah Mengetahui Apa itu Umpan Ikan Tapah dan Habitatnya Memancing, Berikut Beberapa Trik Memancing Ikan

Yang juga perlu kamu ketahui:

  • Bawa lure jenis menyelam, tergantung kedalaman air dari 1-6 m. Jangan membawa jenis lure yang timbul yaitu Top Water jika ingin fokus mencari Tapah.
  • Setelah mencapai hulu sungai, gunakan Metode Trolling, yaitu ikut hanyut dari hulu ke hilir dengan mengayuh sampan secara perlahan.
  • Lemparkan umpan ke lubang yang dalam, atau banyak tanaman air, karena ikan tapah lebih dominan di bawah lubang yang dalam.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan yang lengkap, karena ukuran ikan tapah yang kamu dapatkan bisa sangat besar.
  • Usahakan untuk membawa teman, jangan sendirian, karena nanti akan membantu dalam banyak hal, terutama jika tangkapannya sangat besar.
  • Saat terjadi strike, jangan langsung ditarik. Rasakan beratnya ikan baru bisa ditumbuk karena langkah-langkah di awal serangan biasanya menyedot. Tarikan yang sangat awal cenderung menyebabkan ikan lepas.

Sekian review tentang umpan ikan tawes, bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang umpan umpan ikan bisa cek di website berikut scidacreview.org

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply